Bagikan:

JAKARTA - Hari kedua pascalebaran, jumlah arus balik pemudik penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang tiba di area Daop 1 Jakarta mencapai 42 ribu penumpang pada Selasa, 25 April.

"Mayoritas penumpang yang tiba di Jakarta berasal dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang," kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Selasa, 25 April.

Berdasarkan data yang dihimpun, sebanyak enam belas ribu dua ratus penumpang turun di Stasiun Pasar Senen. Sementara enam belas ribu penumpang turun di Stasiun Gambir. Kemudian empat ribu penumpang lainnya turun di Stasiun Bekasi dan empat ribu empat ratus penumpang turun di Stasiun Jatinegara serta sisanya para penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang hingga Cikampek.

"Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dari masa normal," ujarnya.

KAI Daop 1 Jakarta juga menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang pada masa arus balik mudik. Diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang pada area tertentu yang dapat menggangu penumpang lain di stasiun.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga disiapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba.

"Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun. Dari sisi keamanan dan keselamatan Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran," ucapnya.

Kerjasama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan guna percepatan penanganan kondisi darurat. Seluruh pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta dihimbau agar memeriksa kembali barang bawaannya.

Sebelumnya pada Senin kemarin, 24 April, angka penumpang pada arus balik mudik yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai alami peningkatan. Tercatat sejak Senin kemarin, terdapat 40 ribu penumpang KA telah tiba.