Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi diusung sebagai calon presiden (capres) 2024 dari PDI Perjuangan (PDIP). Dia menyebut keputusan ini tentu diambil tak sembarangan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Tentu ini adalah sebuah keputusan yg diambil oleh ketua umum yang melalui proses yg sangat panjang. Sebuah kehormatan bagi saya," kata Ganjar di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Ganjar mengatakan tugas sebagai capres bukan hal yang mudah. Sehingga, dia butuh dukungan semua pihak, termasuk kader PDIP hingga kepala daerah.

"Ini tentu tugas yang tidak mudah," tegasnya.

"Maka kiranya kawan-kawan yang hadir semua, ada kepala daerah, Ketua DPD PDIP, DPC, PAC, anak ranting, dan lain-lain kami mohon dukungan," sambung Ganjar.

Ganjar juga minta para kader tak ragu untuk memberi kritik maupun saran. Momentum ini, kata dia, diharap jadi langkah untuk mengkonsolidasikan kekuatan.

"Kami mohon kritikan, saran. Inilah momentum buat kita untuk konsolidasi kekuatan, untuk bersatu. One for all, all for one," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya resmi mengumumkan Ganjar Pranowo yang selama ini disebut-sebut sebagai si Rambut Putih sebagai sosok yang bakal jadi penerus Joko Widodo di Pilpres 2024. Pengumuman secara resmi disampaikan Megawati Soekarnoputri, Jumat, 21 April.

"Pada jam 13.45 WIB, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden dari PDIP," kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Megawati juga didampingi Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Puan Maharani. Hadir juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.