Paskah Ortodoks, Patriarch Kirill Desak Ukraina dan Rusia Lakukan Segala Cara untuk Percepat Perdamaian
Patriarch Kirill. (Wikimedia Commons/Пресс-служба Государственной Думы Федерального Собрания Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia dan Ukraina harus melakukan segala daya untuk memulihkan perdamaian di Ukraina sesegera mungkin, seru Kepala Gereja Ortodoks Rusia Patriarch Kirill dalam Vigili Paskah di Katedral Kristus Juru Selamat Moskow, Hari Minggu.

"Peristiwa menyedihkan, yang bahkan dapat digambarkan sebagai perseteruan internal, sekarang terjadi di tanah bersejarah Rusia kami. Hari ini, saya berbicara kepada orang Rusia dan Ukraina, terutama mereka yang terlibat dalam konflik yang bertentangan dengan keinginan mereka ini: dengan kekuatan doa kita, dan perbuatan baik kita, dan niat baik kita, kita harus melakukan segalanya untuk menghentikan konflik ini secepat mungkin," katanya, melansir TASS 16 April.

Lebih jauh, Patriarch Kirill mengungkapkan harapan rakyat Rusia dan Ukraina akan memulihkan "perdamaian dan koeksistensi yang baik, serta ikatan persaudaraan yang kuat antara rakyat kita, yang pernah menjadi satu bangsa, mendiami satu negara Rusia".

"Doa khusus saya hari ini adalah tentang itu, dan saya akan meminta Anda semua untuk bergabung," tambahnya.

Diketahui, Paskah adalah hari raya utama seluruh dunia Kristen untuk memperingati momen penting dalam sejarah Kekristenan, kebangkitan Yesus Kristus dari kematian.

Sementara, Gereja Ortodoks Rusia menentukan tanggal berdasarkan kalender matahari dan bulan. Pada tahun 2023, jatuh pada tanggal 16 April.