Ribuan Mumi Kepala Domba Jantan Ditemukan di Kuil Mesir Kuno
Penemuan mumi kepala domba peninggalan era Mesir Kuno. (Twitter/@TourismandAntiq)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah misi arkeologi Amerika telah menemukan sisa-sisa lebih dari 2.000 mumi kepala domba jantan di sebuah kuil terkemuka di Mesir selatan.

Misi dari Institute for the Study of the Ancient World di Universitas New York juga menemukan sebuah bangunan yang berusia hampir 4.000 tahun pada masa pemerintahan dinasti keenam Mesir kuno (2345-2181 Sebelum Masehi).

Penemuan itu dilakukan di tanah kuil Ramses II di kota kuno Abydos, di Provinsi Sohag, Mesir Hulu.

Kuil ini adalah salah satu dari beberapa kuil di seluruh negeri yang didedikasikan untuk Ramses II, yang pemerintahannya dari tahun 1279 SM hingga 1213 SM dianggap oleh banyak orang sebagai puncak kekuasaan dan kejayaan Mesir.

Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Barang Antik Mesir yang melakukan dan mengawasi penggalian arkeologi mengatakan, penemuan itu cukup penting karena mereka "menyingkap detail penting tentang kehidupan dan sejarah kuil Ramses II di Abydos dan daerah sekitarnya."

"Temuan ini memberikan kontribusi besar bagi pemahaman kita tentang kuil dan semua kehidupan yang disaksikannya selama lebih dari 2.000 tahun sejak dinasti keenam hingga Mesir Ptolemeus," jelasnya seperti melansir The National News 27 Maret.

Bangunan yang ditemukan oleh misi tersebut mendahului masa pemerintahan Ramses II sekitar 1.000 tahun hingga zaman terakhir Kerajaan Lama Mesir, dan secara arsitektural sangat berbeda dari struktur kuil, dengan dinding yang sangat tebal dengan kedalaman sekitar lima meter.

Hal ini diharapkan dapat menjelaskan tradisi arsitektur Kerajaan Lama, yang merupakan era Mesir kuno yang paling sedikit dipahami.

Untuk diketahui, Piramida Giza adalah di antara segelintir relik yang tersisa dari Kerajaan Lama.

Kepala domba jantan, yang berasal dari periode Ptolemeus dari 305 SM - 30 SM, ditemukan di ruang penyimpanan yang baru ditemukan di bagian utara kuil, bersama dengan sisa-sisa hewan mumi lainnya, termasuk domba betina, yang dibedakan dari domba jantan karean tidak memiliki tanduk, anjing, kambing liar, sapi, kijang dan musang.

Kepala domba jantan diyakini diletakkan di sana sebagai persembahan nazar kepada dewa, praktik umum di Mesir kuno, menurut Dr. Sameh Iskandar, kepala misi Amerika. Dia mengatakan, menggunakan domba jantan dalam ritual pemujaan relatif tidak pernah terdengar selama periode Ptolemeus.

Dia berpendapat bahwa kepala-kepala itu dapat digunakan sebagai penghormatan kepada Ramses II, yang menunjukkan bahwa firaun legendaris itu tetap diagungkan, bahkan 1.000 tahun setelah kematiannya.

Sementara, pecahan patung, papirus, dan sisa-sisa pohon purba juga ditemukan oleh misi, yang akan melanjutkan penggaliannya di kuil dalam beberapa bulan mendatang.