Donasi Korban Banjir Lekumutan, Pangeran Sambas Lelang Koleksi Cupang Rp1 Juta
Ilustrasi cupang (Cuong Nguyen - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pangeran Kesultanan Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar) Pangeran Ratu Muhammad Tarhan, ikut melelang ikan cupang koleksinya Rp1 juta.

Hasil dari penjualan akan di donasikan ke warga terdampak bencana di Pulau Lekumutan.

"Alhamdulillah pangeran ikut serta dalam acara lelang. Beliau sangat mendukung dan ikan cupang pangeran juga dilelang dan harga tertinggi ikan pangeran Rp1 juta," ujar salah satu panitia lelang Maman Lages dilansir Antara, Minggu, 17 Januari. 

Lelang amal yang digelar selama 3 hari dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana gelombang besar di Pulau Lemukutan, Bengkayang.

"Alhamdulillah lelang selama 3 malam terkumpul capai Rp12 juta lebih. Kepada para pihak yang mendukung dan ikut donasi kami sangat ucapkan terima kasih," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa Betta Vespa di Kabupaten Sambas satu di antara pendukung yang berperan dalam kegiatan lelang amal tersebut.

"Komunitas tersebut memberikan ikannya untuk dilelangkan untuk amal," jelas dia.

Sebelumnya pada Rabu, 13 Januari 2021 Pulau Lumukutan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang terdampak angin kencang dan gelombang besar. Bencana merobohkan dan merusakkan rumah warga.

Selain kerusakan yang dialami rumah warga juga termasuk dermaga di Teluk Cina, Melanau dan Tanjung Palembang.

Setidaknya ada 10 unit rumah warga rusak berat dan 20 unit rumah warga rusak ringan.

Selain rumah warga, ada homestay atau penginapan kurang lebih 15 unit rusak ringan dan berat, bahkan jalan-jalan akses rumah warga ditutupi kerikil, batu dan kayu atau balok.

Kejadian tersebut juga merusak 10 buah bagan/kelong roboh, termasuk kapal motor nelayan pun ikut tenggelam.

Pulau Lemukutan merupakan satu di antara destinasi wisata di Kalimantan Barat. Keindahan pantai dan biota lautnya menjadi daya tarik sendiri untuk patut dan ramai dikunjungi wisatawan baik dari Kalimantan Barat maupun luar.