Lelang Kue Pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles Dihargai Fantastis
Pangeran Charles dan Putri Diana (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah rumah lelang di Inggris, Dominic Winter Auctioneers, melelang sepotong kue pernikahan. Bukan sembarangan kue pernikahan, kue tersebut adalah kue pernikahan dari Pangeran Charles dan Putri Diana. Sepotong kue itu dihargai 1.850 poundsterling atau sekitar Rp36.859.791.

Mengutip The Vintage News, potongan kue kerajaan tersebut masih ada setelah bertahun-tahun pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana. Kue tersebut memiliki topping yang lezat, terbuat dari lapisan gula dan diletakkan di atas marzipan, dan berusia lebih dari empat dekade.

Saat dilelang, harga kue dibuka 300 poundsterling. Angka penjualan diharapkan hingga 500 poundsterling. Namun yang mengejutkan, harga kue tersebut menembus hingga 1.850 poundsterling. Pemenang lelang yang beruntung adalah Gerry Layton dari Leeds, Yorkshire. Dia disebut sebagai "penggemar kerajaan yang bersemangat."

"Saya pikir saya ingin menambahkan ini ke harta milik saya, yang akan digunakan untuk amal setelah saya meninggal," katanya. “Saya juga berpikir bahwa saya dapat memberikannya sebagai hadiah undian dengan sebagian uang akan diberikan ke Centrepoint, yang merupakan penyokong Putri Diana.”

Kue pernikahan Putri Diana dan Pangeran Charles yang dilelang (Sumber: dokumen rumah lelang Dominic Winter Auctioneers)

Chris Albury, spesialis memorabilia kerajaan di Dominic Winter Auctioneers mengatakan bahwa kagum dengan jumlah penawar yang tertarik dengan kue tersebut. Sebagian besar penawaran berasal dari Inggris, AS, dan Timur Tengah, katanya.

Pangeran Charles dan Putri Diana memiliki total 23 kue yang dibuat untuk acara bahagia itu. Kue yang dilelang menampilkan desain lambang kerajaan yang detail dan manis dengan warna emas, merah, biru, dan perak. Hingga 2008, potongan kue itu disimpan oleh Moyra Smith, yang melayani ibu dari Ratu Elizabeth II. Dia memasukkan kue itu ke dalam kaleng. 

Lelang tersebut termasuk dalam program Ceremonial and Order of Service untuk pernikahan, yang diperkirakan memiliki pemirsa televisi di seluruh dunia yang disaksikan lebih dari 700 juta orang. Daftar barang yang dilelang termasuk menu sarapan pernikahan kerajaan serta tempat duduk dan meja acara pernikahan.

Pelelangan dilakukan hanya beberapa bulan setelah anak dari Putri Diana setuju untuk meminjamkan gaun pengantinnya untuk dipamerkan di depan umum di Istana Kensington. Sebuah mobil yang diberikan Pangeran Charles kepada Putri Diana sebagai hadiah pertunangan juga baru-baru ini dilelang, terjual lebih dari 52.000 poundsterling atau sekitar Rp1 miliar. 

Karamnya pernikahan

Pangeran Charles dan Putri Diana menikah pada 29 Juli 1981. Pernikahan berlangsung di Gereja Katedral St Paul di London dan menjadi fokus media dunia. Pernikahan keduanya dilaporkan sebagai ide yang sulit bagi Pangeran Charles dan Putri Diana. 

Dalam pernikahan tersebut, bahkan Pangeran Charles mulai berselingkuh dengan cinta lamanya, Camilla Parker Bowles. Perselingkuhan ini merupakan skandal besar di seluruh dunia awal 1990-an. Pangeran Charles pun tidak menutupi perasaan cintanya kepada Camilla. 

Pada 29 Juni 1994, Charles secara terbuka mengaku adanya perzinahan. Dalam sebuah wawancara untuk sebuah film dokumenter, Charles mengaku pernah melakukan hubungan zina selama pernikahannya dengan Diana.

Charles menjelaskan bahwa ia melakukan perzinahan tersebut setelah memastikan bahwa pernikahannya hancur dan tidak dapat diperbaiki. Perceraian Charles dan Diana pun tidak terelakkan, keduanya resmi berpisah pada 1996. Putri Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997.