20 Desember dalam Sejarah: Perceraian Putri Diana dan Pangeran Charles
Pangeran Charles dan istrinya Putri Diana (Foto: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah empat tahun, hubungan Pangeran Charles dan istrinya Putri Diana merenggang. Ratu Elizabeth II, ibunda Charles mendesak anaknya bercerai. Ratu mengeluarkan titah itu hari ini, 20 Desember 25 tahun lalu atau pada 1995.

Seperti dikutip BBC, pihak Istana Buckingham Palace mengatakan ratu telah mengirim surat ke masing-masing pihak, yang berisi permintaannya agar mereka berpisah. Hal ini terjadi setelah isu perselingkuhan Pangeran Charles menyebar ke khalayak.

"Setelah mempertimbangkan situasi saat ini, Ratu menulis kepada pangeran dan putri awal pekan ini dan memberi mereka pandangan, didukung oleh Duke of Edinburgh, bahwa perceraian dini diinginkan," kata juru bicara Istana Inggris.

Pihak istana juga menjelaskan, meski ada instruksi, ratu bakal mendukung segala keputusan yang diambil Pangeran Charles dan Putri Diana. Ratu juga berjanji akan memfasilitasi dan membantu segala yang diperlukan.

Sebelum saran ratu keluar, Putri Diana buka suara dalam wawancara bertajuk "Panorama." Dalam kesempatan itu, Diana menuding ada "orang ketiga" dalam pernikahannya.

Diana secara gamblang membongkar siapa orang yang mengganggu rumah tangganya tersebut. Orang itu yakni Camila Parker Bowles. Kata Diana, hubungan antara suaminya dengan Bowles bukan sekadar teman. 

Celoteh Diana

Selain membongkar keadaan hubungannya dengan Pangeran Charles, Putri Diana juga mengkritik kemampuan suaminya yang menurut dia tidak pantas bila nanti menjadi raja. Masih dikutip BBC, Putri Diana juga membongkar beberapa aib keluarga lain.

Sementara itu, permintaan Ratu Elizabeth kepada Charles dan Diana ini cepat tersebar. Oleh karena itu Ratu dan Perdana Menteri Inggris mulai mendiskusikan masa depan pewaris takhta kerajaan. 

Seorang pejabat kerajaan yang ahli dalam silsilah keluarga Inggris menjelaskan, jika perceraian itu terjadi, sang putri tak punya hak untuk memegang kekuasaan tertinggi bila Pangeran Charles suatu saat tiada.

Dan pada 28 Agustus 1996, mereka resmi bercerai. Hal ini mengakhiri pernikahan keduanya yang sudah berlangsung sejak 15 tahun silam. Publik pun turut bersedih. 

Kesedihan semakin menjadi setelah Putri Diana tewas dalam kecelakaan di terowongan satu tahun kemudian. Sementara Pangeran Charles kemudian menikahi Camillia Parker Bowles pada April 2005.