Bagikan:

JAKARTA - Pelaku penempelan stiker kode respons cepat (QR Code) QRIS palsu di sejumlah Masjid berhasil diringkus polisi setelah videonya viral dan menjadi buruan jajaran Kepolisian di tiap wilayah.

Dalam aksinya, pelaku nekat mengubah stiker kode respons cepat (QR Code) QRIS yang terintegrasi dengan 12 kotak amal dengan stiker kode lain atas nama "Restorasi Masjid".

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin membenarkan informasi adanya penangkapan pelaku penempelan stiker QRIS palsu.

"Semalem sih kita ke Istiqlal dan kita dapatkan data, tim bergerak. Kita ada tim dari Selatan, ada tim Polda. Informasi yang saya dapat sudah dipegang tim selatan apa tim polda itu. Coba di cek kesana," kata Kombes Komarudin, Selasa, 11 April.

Perburuan buronan polisi terhadap pelaku penempelan stiker QRIS palsu menjadi atensi penangkapan pihak Kepolisian.

"Semuanya bergerak, (Polres) Selatan bergarak, Polda bergerak. Kita (Polres Jakpus) bergerak. Yang dapat (nangkap pelaku) Polda atau (Polres) selatan," ucapnya.

Sebelumnya, kasus penggantian barcode QR Indonesian Standard (QRIS) pada kotak amal di beberapa masjid khususnya Istiqlal sedang menjadi sorotan. Polisi menyebut sosok pelaku telah teridentifikasi.

"Sudah teridentifikasi (pelaku)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Selasa, 11 April.