Bagikan:

JAKARTA - Kasus penggantian barcode QR Indonesian Standard (QRIS) pada kotak amal di beberapa masjid khususnya Istiqlal sedang menjadi sorotan. Polisi menyebut sosok pelaku telah teridentifikasi.

"Sudah teridentifikasi (pelaku)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat dikonfirmasi, Selasa, 11 April.

Namun, mengenai identitas pelaku serta langkah penindakan yang sudah dilakukan, untuk sementara Trunoyudo enggan menjelaskan.

Dia menyebut semua hal perihal penanganan kasus itu akan disampaikan siang nanti. Yang jelas, perkara itu sudah mulai menemukan titik terang.

"Djtangani oleh Dit Reskrimsus, nanti siang disampaikan," kata Trunoyudo.

Adapun sebelumnya aksi seorang pria yang menempelkan atau mengganti QRIS palsu di kotak amal di salah satu masjid viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah diakun @Jakartakota, menjelaskan aksi penggantian QRIS palsu ini terjadi di Masjid Nurul Iman, Pancoran, Jakarta Selatan.

Dalam aksinya, nampak seorang pria dengan menggunakan kemeja dan berkacamata menghampiri kotak amal masjid.

Kemudian, pria itu menempelkan stiker QRIS ke kotak amal tersebut. Aksi terduga pelaku ini pun terekam CCTV dan videonya tersebar sehingga menjadi viral di media sosial. 

QRIS yang diganti itu disebut merupakan kode rekening pria itu. Sehingga, semua dana sumbangan masuk ke kantong pria tersebut.