Viral Avsec Bandara Kawal Bahar bin Smith, Ini Tugas Avsec Bandara di Indonesia
Tugas Avsec Bandara - Mesin x-ray di bandara. (dok Setkab)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apa tugas AVSEC (Aviation Security) bandara? Persoalan ini muncul sehubungan viralnya 3 petugas avsec Bandara Soekarno Hatta yang diberhentikan setelah menjemput, mengawal dan mencium tangan Habib Bahar bin Smith dikala turun dari pesawat.

Atas peristiwa itu, ketiga petugas avsec itu setelah itu diberhntikan. Pihak Lapangan terbang Soetta berkata ketiga petugas avsec diberhentikan sebab dianggap sudah melakukan pelanggaran berat terpaut prosedur serta kewajiban kegiatan selaku avsec bandara.

Lalu apa kewajiban avsec bandara itu? Seperti ketentuan SOP kewajiban avsec lapangan terbang?

Tugas Avsec Bandara

Aviation Security (petugas keamanan bandara) merupakan pekerjaan sekaligus profesi yang dilakukan oleh petugas berlisensi buat melindungi area keamanan lapangan terbang serta pula para penumpang pesawat.

Personel AVSEC dapat terdiri dari pria ataupun wanita, apabila mereka penuhi kompetensi serta persyaratan yang sudah ditetapkan. Sebagai catatan tidak semua orang dapat jadi badan dari AVSEC sebab penetapan rekrutmen berdasar kepada standar ICAO (International Civil Aviation Organization). 

Pekerjaan seseorang petugas keamanan lapangan terbang itu cakupannya lumayan besar mulai dari pengecekan dokumen penumpang, benda bawaan, serta lainnya. Buat lebih lengkapnya sebagai berikut:

  • Mengedukasi Penumpang

Tidak cuma dituntut buat tegas, namun AVSEC pula butuh memiliki keahlian berbicara yang bagus buat menerangkan pada penumpang hal regulasi keamanan serta apa saja yang butuh diperiksa. Ini amat berarti biar penumpang dapat tahu apa saja yang butuh mereka jalani.

  • Pengecekan Dokumen serta Bukti diri Penumpang

Dokumen- dokumen yang dibawa oleh penumpang wajib diperiksa, takutnya informasi itu ilegal ataupun terdapat gejala penyalahgunaan dokumen.

Di sini kecermatan AVSEC diuji sebab mereka butuh memeriksa puluhan dokumen tiap harinya menentukan seluruhnya cocok dengan persyaratan dan valid.

Tidak berhenti disana, bukti diri penumpang pula turut diperiksa jangan sampai terdapat penumpang beresiko yang dapat mengancam keamanan banyak orang. 

  • Memeriksa muatan Bawaan serta Barang Penumpang

Pengecekan ini dicoba memakai 2 perlengkapan penting yakni walk through metal detector serta hand held metal detector. AVSEC bekerja buat menentukan penumpang tidak bawa benda ataupun perlengkapan yang dilarang dalam ketentuan penerbangan.

Tidak hanya itu, isi koper atau tas penumpang pula bakal diperiksa buat menentukan tidak terdapat benda ilegal yang luput. Cara ini dicoba dengan cara otomatis memakai X- ray, apapun benda yang dirahasiakan tentu bakal nampak dengan gampang memakai perlengkapan mutahir ini.

Beberapa barang beresiko yang gampang meledak, dibakar, serta serupanya wajib lekas diamankan dengan baik. Janganlah sampai masuk ke dalam barang muatan sebab dapat mencelakakan penerbangan. 

  • Skill dan Kompetensi Seorang AVSEC

Buat melaksanakan tugasnya dengan bagus, petugas keamanan lapangan terbang baik itu pria ataupun wanita diharuskan buat memiliki keahlian serta kemampuan berikut:

  • Teliti dan sigap dalam segala situasi
  • Ramah dan sopan terhadap penumpang
  • Tegas dan berdisiplin tinggi
  • Komunikasi yang baik
  • Mempunyai skill dasar kemampuan bela diri

Mengapa wajib memiliki keahlian membela diri segala? Dengan cara simpel, AVSEC itu pada dasarnya petugas keamanan( security). Berarti terdapat resiko bila sesuatu disaat ada penumpang lapangan terbang yang nyatanya buronan ataupun orang yang berniat menyusupkan benda berbahaya.

Dengan cekatan seseorang AVSEC wajib sanggup mengamankan suasana serta tidak membuat kegaduhan di area lapangan terbang. 

Jadi setelah mengetahui tugas Avsec bandara, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!