Bagikan:

JAKARTA - Inspektorat DKI Jakarta turut memanggil istri Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Massdes Auroffy buntut perilaku gaya hidup mewah yang dipamerkan di media sosial.

Sebelumnya, Massdes disebut langsung diperiksa oleh Inspektorat pada hari ini usai viralnya foto sang istri dan anak yang dibongkar warganet kemarin malam.

"Kami langsung bergerak melakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Inspektur DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat dalam keterangannya, Jumat, 31 Maret.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim internal yang terdiri dari unsur atasan, unsur pengawasan dan unsur kepegawaian.

Saat ini, Pemprov DKI belum menjatuhkan sanksi kepada Massdes karena masih menunggu hasil pemeriksaan dan klarifikasi dari yang bersangkutan. Sanksi akan diterapkan jika terbukti adanya pelanggaran disiplin PNS.

"Jika memang terbukti adanya pelanggaran disiplin tentunya akan diberikan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku,"

Istri dan anak Massdes terungkap kerap mengunggah foto penampilan beserta aksesori yang mereka kenakan, mulai dari tas, sepatu, hingga lensa kamera. Berbagai merek tas ternama yang dipamerkan mulai dari Hermès, Gucci, Louis Vuitton, Balenciaga, hingga Dior.

Saat ditelusuri, harga tas yang dipamerkan keluarga Masdes bervariasi, mulai dari belasan dan puluhan juta rupiah. Bahkan, terdapat satu tas merek Hermès yang dipamerkan istri Masdes, jika asli, harganya mencapai Rp1,5 miliar.

Sementara, Masdes tercatat hanya memiliki harta Rp1,8 miliar per tahun 2021. Hal ini terungkap dalam laporan hasil kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkan Masdes pada 12 Maret 2022.

Dari total hartanya, Masdes tercatat memiliki tanah dan bangunan di Tangerang Selatan senilai Rp982 miliar. Kemudian, Masdes memiliki tiga unit moda transportasi, yakni mobil Mitsubishi Jeep, Toyota Fortuner, dan motor Honda Beat yang ketiganya bernilai Rp827 juta.

Lalu, pejabat eselon IIIB ini memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp30 juta, kas dan setara kas Rp277 juta. Total kekayaan Masdes sebesar Rp2,1 miliar. Namun, ia memiliki utang sebesar Rp243 juta. Sehingga, harta bersihnya mencapai Rp1,87 miliar.

Kekayaan Masdes selama beberapa tahun belakangan memang meningkat, namun tidak bertambah signifikan. Pada tahun 2020, Masdes tercatat memiliki harta Rp1,65 miliar. Lalu, harta Masdes pada tahun 2019 sebesar Rp1,52 miliar.