Komjen Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri, Kerja Sama dengan KPK Diharap Makin Baik
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo yang diajukan sebagai calon Kapolri (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara soal terpilihnya Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri menggantikan Idham Azis. 

Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap mengatakan, pilihan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Listyo Sigit sebagai calon Kapolri sudah tepat. Sebab, Listyo yang kini duduk sebagai Kabareskrim Polri adalah sosok yang profesional dan reformis.

"Beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional. Salah satu buktinya adalah ketika menjabat sebagai Kabareskrim, beliau sukses dalam menangani kasus-kasus korupsi besar," kata Yudi dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu, 16 Januari.

Dengan dicalonkannya Listyo Sigit, ke depan dia berharap kerjasama antara pihak kepolisian dan komisi antirasuah bisa lebih baik. Tak hanya itu, Yudi juga meyakini kepolisian bisa makin maju di bawah kepemimpinan Listyo.

"Kami berharap bahwa kerjasama Kepolisian dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menerima Surat Presiden tentang nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Surpres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Ketua DPR Puan Maharani, di gedung Parlemen, Jakarta, Rabu, 13 Januari.

“Pada hari ini, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan usulan Pejabat Kapolri kepada DPR RI, atas nama Komjen Listyo Sigit Prabowo, untuk mendapatkan persetujuan DPR,” kata Puan dalam pernyataan resminya.