Ditanya Hubungan Polisi dengan KPK, Komjen Listyo Sigit: Kami Sangat Solid
Komjen Listyo Sigit Prabowo mengikuti fit and proper test calon kapolri di Komisi III DPR (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan hubungan pihak kepolisian dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat solid. 

Hal ini disampaikan Komjen Listyo dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon kapolri bersama Komisi III DPR.

"Kami dalam posisi sangat solid dengan KPK," kata Listyo Sigit saat menjawab pertanyaan anggota Komisi III DPR Benny K Harman yang menyinggung hubungan KPK dengan pihak kepolisian, Rabu, 20 Januari.

Kesolidan ini terbukti karena Polri mempersilakan anggotanya untuk mengisi dan memperkuat jajaran penyidik, hingga bagian berkaitan dengan koordinasi. 

Tak hanya itu, KPK  juga diberi kesempatan untuk melakukan investigasi gabungan terhadap kasus tertentu.

"Kami tidak menutup bahkan beberapa waktu lalu, saya sampaikan kami sejak awal buka ruang untuk KPK ikut gabung dengan kami pada saat kami mulai melaksanakan penyidikan dan penyelidikan kasus tertentu," tegas Listyo Sigit.

Calon tunggal Kapolri ini juga menyebut pihak kepolisian membuka ruang bagi KPK melakukan supervisi terhadap kasus tindak pidana korupsi yang mangkrak melalui kegiatan supervisi. 

"Supervisi KPK memberikan kewenangan mengambil alih atau mengingatkan kepada kita ini kasusnya berhenti kenapa dan bagaimana," jelas Komjen Listyo Sigit.

Bukan hanya dengan KPK saja, Polri juga solid bekerja bersama Kejaksaan Agung dalam rangka penegakan hukum kasus tindak pidana korupsi.

"Kami siap join dengan KPK atau pun kejaksaan sehingga postur penegakan hukum khususnya tipikor itu kami kompak, Kejaksaan, Kepolisian dan KPK," pungkasnya.