Terima Rp150 Ribu Bahkan dalam Pecahan Rp5.000, Pemkot Pekanbaru Bakal Susun Regulasi Atur Honor Bagi Juru Dakwah
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam acara silaturahmi dengan para mubalig dan dan mubaligah. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Bagikan:

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Provinsi Riau, berencana memberikan honor bagi para juru dakwah, mubalig, dan mubaligah karena aktivitas mereka yang cukup tinggi di Bulan Ramadan nanti.

Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengaku terenyuh mendengar honor para jura dakwah ini hanya Rp150.000 dalam sekali ceramah. Bahkan ada uang itu diberikan dalam pecahan Rp5.000.

"Kami akan bahas aturannya soal honor para ustaz dan ustazah ini. Kami pelajari dahulu regulasinya. Selama ini pemkot hanya memberikan honor kepada para ketua RT-RW, kader posyandu, dan imam masjid," kata Muflihun di Pekanbaru, Antara, Senin, 20 Maret.  

Padahal, menurutnya, peran ustaz dan ustazah ini sangat besar dalam mengubah warna Pekanbaru ini.

Para mubalig dan mubaligah juga diminta membantu Pemkot Pekanbaru dalam menjaga kebersihan. Salah satunya mendorong, mengajak masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

Muflihun mengaku dirinya sendiri telah berupaya membersihkan sampah sejak menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru sekitar 10 bulan lalu.

"Hasilnya Pemkot Pekanbaru mendapat sertifikat Adipura tahun ini. Tahun depan mudah-mudahan Pemkot Pekanbaru mendapat Piala Adipura," ucap Muflihun.

Di samping itu, lanjutnya, ada empat program prioritas juga dijalankan tahun ini, antara lain "Doctor on Call", beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan mahasiswa tidak mampu, santunan kematian bagi orang miskin Rp1 juta kepada ahli waris, dan subsidi bunga pinjaman bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang kurang modal.

"Sampaikan di masjid-masjid bahwa Pemkot Pekanbaru punya Program Doctor on Call di tiap pusat kesehatan masyarakat. Program ini harus sampai ke masyarakat," ujar Muflihun.