Bagikan:

KUPANG - Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah ditetapkan sebagai tuan rumah Festival Forum Indonesia Timur IX yang akan berlangsung pada 26-27 Juli 2023.

“Kota Kupang sangat siap menjadi tuan rumah Festival Forum Indonesia Timur IX yang akan diikuti 1.000 peserta dari 12 provinsi di Indonesia Timur," kata Pj Wali Kota Kupang George Melkianus Hadjoh dikutip ANTARA, Rabu, Selasa 15 Maret.

Ia mengatakan perwakilan dari Yayasan Pertukaran Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia ( BaKTI ) dan pejabat dari BappelitbangdaPemprov NTT telah bertemu dengan Pemerintah Kota Kupang untuk membahas persiapan kegiatan yang diikuti 12 provinsi di kawasan Indonesia Timur.

Menurut dia dengan semakin banyaknya kegiatan berskala nasional yang dilakukan di Kota Kupang semakin baik karena berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dikatakannya melalui kegiatan Forum Indonesia Timur Forum IX ini menjadi momentum bagi Kota Kupang untuk memajukan seni budaya sehingga mendorong tumbuhnya UMKM di Kota Kupang.

“Pemerintah Kupang juga akan mengaktifkan kalender event di setiap desa untuk menghadapi kegiatan pertemuan ini, selain untuk menumbuhkan kecintaan warga terhadap seni dan budaya serta olah raga serta menarik wisatawan dari luar daerah,” katanya.

Ia  telah meminta Bappeda Kota Kupang membangun koordinasi dan komunikasi dengan Yayasan BaKTI selaku sekretariat Forum KTI untuk membahas berbagai persiapan guna mensukseskan acara tersebut.

Pemerintah Kota Kupang mengatakan akan bermitra dengan balai budaya dan suku dari 12 provinsi di Indonesia timur yang berada di Kota Kupang untuk memeriahkan acara malam budaya tersebut.

“Seluruh asosiasi dari 12 provinsi di KTI yang ada di Kota Kupang diminta untuk tampil dalam kegiatan malam pembukaan festival, baik seni budaya dari daerahnya masing-masing,” demikian George Melkianus Hadjoh .