PPATK Blokir 40 Rekening Keluarga Rafael Alun Trisambodo, Nominalnya Capai Ratusan Miliar
Rafael Alun Trisambodo yang dicopot dari jabatannya dari Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jakarta Selatan II. (dok. VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memblokir rekening Rafael Alun Trisambodo dan seluruh anggota keluarganya. Total ada 40 rekening yang dibekukan dengan nominal mencapai ratusan miliar.

"Lebih 40 rekening, (noninal, red) ratusan milliar," ujar Kepala PPATK Ivan Yustiavandana kepada wartawan, Selasa, 7 Maret.

Puluhan rekening itu tak hanya atas nama per orangan. Sebab, dari ada pula rekening yang mengatasnamakan perusahaan. Namun, masih berkaitan dengan keluarga dari Rafael Alun Trisambodo.

"Kami blokir semua, sudah sejak minggu lalu," ungkapnya.

Tak hanya rekening keluarga Rafael Alun Trisambodo, PPATK juga memblokir rekening milik konsultan pajak yang diduga menjadi nominee atau dipinjam namanya oleh eks pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut.

"Iya, ada pemblokiran terhadap konsultan pajak," kata Ivan

Ivan tak memerinci soal konsultan pajak ini. Namun, peminjaman nama ini diduga tak hanya dilakukan Rafael tapi juga pihak lain.

"Diduga sebagai nominee RAT serta beberapa pihak terkait lainnya," tegasnya.

PPATK menduga nominee ini sebagai cara mencuci uang. Karenanya, transaksi mencurigakan yang diduga dilakukan Rafael tidak terdeteksi.

"Kita mensinyalir ada profesional money launderer yang selama ini bertindak untuk kepentingan RAT," jelas Ivan.

Sebagai informasi, Rafael diketahui memiliki kekayaan sebesar Rp56 miliar. Angka tersebut terkuak berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tertanggal 17 Februari 2022.

Jumlah kekayaan itu melebih kekayaan Dirjen Pajak Suryo Utomo sekitar Rp14 miliar yang notabene adalah atasan Rafael. Aset Rafael hanya kalah tipis dari Menteri Keuangan Sri Mulyani sebesar Rp58 miliar (hasil pengurangan dari total harta Rp67,2 miliar dikurangi utang Rp9 miliar).

Kekayaan Rafael jadi sorotan setelah anaknya, Mario Dandy Satrio menganiaya David yang masih berusia 17 tahun. Video penganiayaan itu beredar luas di media sosial. Selain itu, Mario juga sering mengumbar harta kekayaannya berupa motor mewah dan menjadi sorotan warganet.