Terkini, Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang Sudah Mereda, Petugas Lakukan Pendinginan
Suasana kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakut/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA – Kondisi api di dalam Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara dikabarkan sudah mereda. Petugas pemadam kebakaran tengah melakukan pendinginan.

“Sudah padam tinggal pendinginan dan dengar tadi dari pihak Pertamina memeriksa pipa yang terbakar. Jadi istilahnya untuk Pertamina sudah aman. Yang masih menyala ada di pemukiman Tanah Merah bawah, tapi sekarang masih dalam penanganan dan sekarang sudah mulai reda.” ucap Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Rahmat Kristantio, Sabtu dini hari, 4 Maret.

Rahmat menjelaskan, untuk area yang terbakar di dalam Depo Pertamina terbilang luas, mencapai 1,5 hektar.

“Area sekitar 1,5 hektar itu untuk area Plumpangnya. Tapi kalau untuk di permukiman saya belum bisa mendata sekarang ini kita fokus dalam pencarian korban.” tambahnya.

Rahmat menuturkan, pemadaman di Depo Pertamina masih menggunakan air. Menurutnya, pendinginan dilakukan agar radiasi panas tidak sampai ke permukiman warga.

“Untuk yang di Pertamina kita masih menggunakan air karena memang intinya aliran bahan bakar kan bisa disetop. Jadi kita hanya mendinginkan supaya panasnya turun tidak radiasi ke pemukiman, yang awal itu kan karena radiasi pemukiman terbakar.” terangnya.

Petugas pemadam disebut mengalami kesulitan untuk mengakses jalan menuju lokasi kebakaran rumah warga.

“Sementara itu kalau di pemukiman kendala kita akses jalan, merangkai sumber air itu yang agak kesulitan. Alhamdulillah sekarang sudah mereda. Selain pemadaman kita juga pencarian korban karena hampir semua korban dari pemukiman.” tuturnya

Sebanyak 255 personil pemadam dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

“Jumlah personil kita 255 orang, unitnya 51 unit dari 5 wilayah kita gabungan. Kita sejak jam 20.00 tiba di lokasi sekitar 20.20. Memang saat tiba membutuhkan sumber daya air yang besar untuk api yang besar. 12.00 untuk yang Plumpang selesai, namun di pemukiman belum masih dalam pemadaman.” tutupnya.