Ukraina Luncurkan Uang Kertas untuk Peringati Setahun Invasi Rusia: Dicetak Vertikal, Terbatas dan Dilengkapi Fitur Keamanan Modern
Gubernur Bank Nasional Ukraina Andriy Pyshnyy saat peluncuran uang kertas Ukraina edisi setahun invasi Rusia. (Sumber: National Bank of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Nasional Ukraina meluncurkan uang kertas baru pecahan 20 hryvnia, untuk memperingati setahun invasi Rusia ke Ukraina, menggambarkan semangat kepahlawanan, pantang menyerah dan keberanian perjuangan warga Ukraina.

Mengusung tema 'Kami Tidak akan Melupakan, Kami Tidak akan Memaafkan', peluncuran uang kertas baru ini lakukan langsung oleh Gubernur Bank Nasional Ukraina Andriy Pyshnyy.

"Kami tidak bisa tidak memperingati tanggal ini, ulang tahun invasi skala penuh, tahun yang dramatis, mengejutkan, dan penuh dengan peluru dalam hidup kami," kata Pyshnyy, mengutip situs resmi National Bank of Ukraine 25 Februari.

"Ini adalah perang yang telah berlangsung bagi kami bukan hanya setahun, bukan hanya satu dekade, tetapi selama berabad-abad. Itulah mengapa kami memutuskan untuk memperingati perjuangan kolektif kami dengan uang kertas," sambungnya.

uang kertas ukraina
Uang kertas Ukraina edisi setahun invasi Rusia. (Sumber: National Bank of Ukraine)

Dirancang oleh seniman ternama Ukraina, Volodymyr Taran, uang kertas ini unik dan berbeda dengan uang kertas Ukraina lainnya, karena memiliki desain yang cerah dan ekspresif, yang dicetak secara vertikal berukuran 80 x 165 mm. Uang kertas ini memiliki seri ЗС, dengan nomor seri dari 0000001 hingga 0300000.

Uang ini merupakan alat pembayaran yang sah di Ukraina, harus diterima untuk semua pembayaran dengan nilai nominalnya oleh semua individu dan badan hukum, tanpa batasan apa pun, di seluruh Ukraina.

Jumlah uang ini dibatasi hanya 300.000 lembar, yang memberikan nilai koleksi pada uang kertas ini (200.000 unit di antaranya dalam kemasan suvenir dan 99.900 lembar dalam amplop).

Diketahui, uang kertas ini mulai diedarkan pada tanggal 23 Februari 2023. Ini akan dijual melalui toko numismatik online NBU. Uang kertas dari gelombang pertama akan tersedia untuk dibeli mulai 24 Februari 2023.

uang kertas ukraina
Uang kertas Ukraina edisi setahun invasi Rusia. (Sumber: National Bank of Ukraine)

Kemudian, seiring dengan semakin banyaknya uang kertas yang diproduksi, uang kertas tersebut akan ditambahkan ke dalam jajaran produk toko online untuk memenuhi kebutuhan sebanyak mungkin pelanggan. Selain itu, mulai akhir Maret, uang kertas ini juga akan tersedia untuk dibeli di bank-bank yang mendistribusikannya.

Sebagai pengaman, uang kertas ini memiliki fitur keamanan antara lain, tanda air multi warna dan elemen tanda air ringan, benang pengaman yang sepenuhnya tertanam di dalam kertas, register tembus pandang, fitur OVI dan SPARK, fitur relief, khususnya fitur untuk tunanetra, microlettering, serta fitur UV, infra merah dan magnetik.

Selain itu, uang kertas ini juga memiliki tambahan fitur keamanan variabel optik modern, seperti benang polimer selebar 12 mm yang memiliki efek variabel optik gabungan, yang dapat dilihat ketika uang kertas dimiringkan, fitur yang dibuat dengan cat warna-warni yang memiliki efek mutiara.

Gambar utama bagian depan uang kertas ini adalah tiga orang tentara Ukraina yang sedang mengibarkan bendera negara Ukraina, berasal dari foto berjudul 'Tentara Ukraina mengibarkan bendera' oleh Oleksandr Smirnov, dengan latar belakang potongan peta Ukraina dan bendera negara-negara yang mendukung Ukraina.

"Kami menamakan uang kertas ini 'Kami Tidak akan Melupakan! Kami Tidak akan Mengampuni!' Nama ini tidak memerlukan penjelasan, karena dapat dimengerti dan akrab bagi setiap orang Ukraina. Ini berarti: kami bertahan, dan kami akan menang," tandas Pyshnyy.