Sembilan Hari Beroperasi, Rumah Sakit Lapangan Indonesia Layani Hampir 2.000 Pasien Pascagempa Turki
Dampak gempa bumi Turki di Hatay. (Wikimedia Commons/VOA/Hilmi Hacaloğlu)

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 1.928 pasien korban pascagempa Turki dari berbagai lokasi di sekitar Kota Hassa, Hatay, telah mendapatkan layanan kesehatan dari rumah sakit lapangan yang dioperasikan EMT Indonesia (Ina-EMT).

Dari perkiraan kapasitas sekitar 150 orang setiap hari, Ina-EMT sehari-harinya menerima sekitar 200 pasien, di atas kapasitas yang diperkirakan.

Meskipun resminya rumah sakit tersebut memiliki jam operasional, namun dalam prakteknya rumah sakit juga menerima seluruh pasien yang datang di luar jam operasional.

Ini memungkinkan pasien-pasien dari lokasi yang lebih jauh dan pasien yang siang harinya ikut bekerja dalam aktivitas tanggap darurat mendapatkan pelayanan Kesehatan.

"Animo pasien tinggi sekali. Tampaknya mereka nyaman berobat di Ina-EMT. Cerita tentang kenyamanan pelayanan di Ina-EMT meluas dari mulut ke mulut", ujar Wakil Ketua Ina-EMT dr. Corona Rintawan, dalam keterangan KBRI Ankara, Jumat 24 Februari.

"70 Persen pasien datang ke Ina-EMT dengan keluhan masalah pernafasan. Mungkin karena faktor cuaca, kondisi penampungan dan debu akibat proses pembongkaran puing reruntuhan yang masih terus berlangsung," imbuh dr. Corona.

Selain memberikan pelayanan medis, lanjutnya, Ina-EMT juga memberikan pelayanan kesehatan jiwa (psychosocial) pascabencana di lokasi Ina-EMT maupun jemput bola ke desa-desa di sekitar lokasi rumah sakit lapangan.

Target pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan Ina-EMT meliputi orang dewasa maupun anak-anak.

"Kita banyak bertemu dengan penyintas yang mengalami gejala sebagai akibat dari stress akut akibat gempa. Apalagi pascagempa susulan 6,4 SR beberapa hari lalu," tutur dr. Era Catur Prasetya, dokter pelayanan Kesehatan jiwa Ina-EMT.

Ina-EMT mulai mengoperasikan rumah sakit lapangan di Kota Hassa, Hatay, sejak 15 Februari 2023. Ina-EMT adalah salah satu dari 9 rumah sakit lapangan dari berbagai negara yang beroperasi di Provinsi Hatay, wilayah paling terdampak oleh gempa 7,8 SR yang terjadi pada 6 Februari 2023.

Selain dikenal luas masyarakat sekitar karena keragaman pelayanan yang diberikan, termasuk pelayanan kesehatan jiwa dan bantuan logistik perorangan dari BNPB, Ina-EMT juga dikenal luas di kalangan masyarakat sekitar dengan keramahan pelayanannya.

"Penduduk sekitar selalu mengatakan bahwa keramahan khas Indonesia terasa sekali di Ina-EMT," sebut Ondy Rahmat Mulia, koordinator lapangan KBRI Ankara yang mengoordinasikan seluruh aktivitas Misi Kemanusiaan Indonesia di Hatay.