Airbnb Sediakan Akomodasi Gratis Bagi Korban Gempa di Turki, Suriah dan Tim Penyelamat
Dampak gempa bumi Turki di Hatay. (Wikimedia Commons/VOA/Hilmi Hacaloğlu)

Bagikan:

JAKARTA - Airbnb menawarkan akomodasi sementara gratis kepada orang-orang yang terlantar akibat gempa minggu lalu di Turki dan Suriah, serta kepada pekerja bantuan, kata pihak perusahaan Hari Rabu.

Perusahaan mengatakan akan menggunakan jaringan nirlaba untuk mencari akomodasi, serta sistem voucher untuk orang yang menyewakan rumah mereka kepada wisatawan.

Masa inap akan dikoordinasikan oleh mitra nirlaba Airbnb dan didanai oleh perusahaan serta donatur ke situs webnya.

"Para penyintas dan responden pertama sangat membutuhkan perumahan sementara. Setiap donasi akan dicocokkan hingga total 5 juta dolar AS," kata perusahaan itu, melansir The National News 15 Februari.

Penawaran ini juga berlaku bagi responden pertama yang membantu pencarian dan penyelamatan, serta upaya bantuan dan pemulihan yang berkelanjutan.

Bencana tersebut, dengan jumlah korban tewas gabungan di Turki dan negara tetangga Suriah melebihi 40.000, telah merusak kota-kota di kedua negara, membuat banyak orang yang selamat kehilangan tempat tinggal di suhu musim dingin yang hampir membeku.

Masih belum pasti apakah bangunan yang masih berdiri itu aman. Selain itu, mereka tidak memiliki air atau listrik.

Sementara, jutaan jiwa terkena dampak gempa berkekuatan 7,8 SR yang melanda wilayah itu Senin pekan lalu.

Petugas penyelamat telah memperlambat operasi mereka untuk mencari korban selamat, sekarang berfokus untuk membantu ribuan orang terlantar.