Korban Tewas Gempa Turki Bertambah Jadi 12 Ribu Jiwa, Presiden Erdogan Kunjungi Lokasi Bencana
Presiden Erdogan saat mengunjungi korban gempa bumi Turki di Kahramanmaraş. (Sumber: Presidency of The Republic of Turkiye)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Hari Rabu mengakui ada masalah dengan tanggapan awal pemerintahnya terhadap gempa dahsyat di Turki selatan, di tengah kemarahan dari orang-orang dan frustrasi atas lambatnya kedatangan tim penyelamat.

Presiden Erdogan mengatakan dalam kunjungan ke zona bencana di Hatay dan Kahramanmaraş, operasi sekarang berjalan normal dan berjanji tidak akan ada yang kehilangan tempat tinggal, saat jumlah korban tewas yang dilaporkan di Turki dan Suriah sudah melewati 12.000 orang.

Di seberang Turki selatan, orang-orang mencari tempat berlindung sementara dan makanan dalam cuaca musim dingin yang membekukan, dan menunggu dengan sedih di tumpukan puing tempat keluarga dan teman mungkin masih terkubur.

Tim penyelamat masih menemukan beberapa orang hidup. Tetapi banyak orang Turki mengeluhkan kurangnya peralatan, keahlian dan dukungan untuk menyelamatkan mereka yang terjebak - terkadang bahkan saat mereka mendengar teriakan minta tolong.

"Di mana negara? Ke mana mereka selama dua hari? Kami memohon kepada mereka. Mari kita lakukan, kita bisa mengeluarkan mereka," kata Sabiha Alinak di dekat bangunan runtuh yang tertutup salju di kota Malatya tempat kerabat mudanya terjebak, melansir Reuters 9 Februari.

Ada pemandangan dan keluhan serupa di negara tetangga Suriah, yang utara dilanda gempa besar Hari Senin.

gempa turki
Dampak gempa bumi Turki di Hatay. (Wikimedia Commons/VOA/Hilmi Hacaloğlu)

Duta Besar Suriah untuk PBB mengakui pemerintah memiliki "kekurangan kemampuan dan peralatan," menyalahkan lebih dari satu dekade perang saudara di negaranya dan sanksi Barat.

Korban tewas dari kedua negara diperkirakan akan bertambah, karena ratusan bangunan yang runtuh di banyak kota telah menjadi kuburan bagi orang-orang yang tertidur saat gempa melanda.

Di Kota Antakya, Turki, puluhan jenazah, beberapa diselimuti selimut dan seprai dan lainnya di kantong jenazah, dibariskan di tanah di luar rumah sakit.

Melek (64), mengeluhkan kurangnya tim penyelamat. "Kami selamat dari gempa, tapi kami akan mati di sini karena kelaparan atau kedinginan."

Banyak orang di zona bencana telah tidur di mobil mereka atau di jalan di bawah selimut dalam cuaca dingin yang membekukan, takut untuk kembali ke hunian usai gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang negara itu.

Korban tewas yang dikonfirmasi naik menjadi 9.057 di Turki pada Rabu, dan di Suriah telah naik menjadi setidaknya 2.950, menurut pemerintah dan layanan penyelamatan yang beroperasi di barat laut yang dikuasai pemberontak.

Pihak berwenang Turki merilis video korban selamat yang diselamatkan, termasuk seorang gadis muda dengan piyama, dan seorang lelaki tua yang tertutup debu, dengan sebatang rokok yang tidak menyala di antara jari-jarinya saat dia ditarik dari puing-puing.

Pejabat Turki mengatakan sekitar 13,5 juta orang terkena dampak di daerah yang membentang sekitar 450 km (280 mil) dari Adana di barat hingga Diyarbakir di timur. Di Suriah, korban tewas ditemukan hingga Hama yang berjarak 250 km dari pusat gempa.

Beberapa yang meninggal di Turki adalah pengungsi dari perang Suriah. Kantong jenazah mereka tiba di perbatasan dengan taksi, van, dan ditumpuk di atas truk bak datar untuk dibawa ke tempat peristirahatan terakhir di tanah air mereka.

Lebih dari 298.000 orang telah kehilangan tempat tinggal dan 180 tempat penampungan bagi para pengungsi telah dibuka, lapor media pemerintah Suriah, tampaknya mengacu pada daerah-daerah yang berada di bawah kendali pemerintah, dan tidak dikuasai oleh faksi oposisi.

Di Suriah, upaya bantuan diperumit oleh konflik yang telah memecah belah negara dan menghancurkan infrastrukturnya.

Pengiriman bantuan kemanusiaan PBB melalui Turki ke jutaan orang di barat laut Suriah dapat dilanjutkan pada Kamis setelah operasi jangka panjang dihentikan oleh gempa, kata pejabat PBB.

Di Kota Aleppo, Suriah, staf di rumah sakit Al-Razi merawat seorang pria yang terluka yang mengatakan lebih dari selusin kerabat termasuk ibu dan ayahnya tewas ketika bangunan tempat mereka berada runtuh.