Bagikan:

GORONTALO - Hujan intensitas tinggi menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Gorontalo Utara terendam banjir pada Selasa 14 Februari petang.

Curah hujan tinggi yang terjadi sepanjang hari ini juga menyebabkan jalan lintas Sulawesi dan jalan desa, serta pemukiman terendam banjir sejak sore.

"Banjir merendam beberapa desa di Kecamatan Sumalata dan Biau, wilayah barat kabupaten ini," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gorontalo Utara, Rully Tanaiyo, di Gorontalo, Selasa 14 Februari, disitat Antara.

Berdasarkan data sementara yang diterima BPBD, banjir setinggi lutut orang dewasa merendam wilayah Dusun Tonala dan Dusun Mata Putih di Desa Mebongo, Kecamatan Sumalata; Dusun Bindengi dan Dusun Olibolu di Desa Omuto; serta Dusun Motilango dan Dusun Motabi di Desa Bualo, Kecamatan Biau.

Rully mengatakan hingga saat ini belum ada laporan yang masuk terkait korban jiwa dan rumah rusak parah.

Namun, di sejumlah wilayah beberapa rumah rusak ringan dalam proses pendataan oleh para kepala dusun.

"Kami berharap, warga segera mengungsi jika debit air terus naik. Mengingat arus banjir cukup deras melanda wilayah Kecamatan Biau. Curah hujan pun masih tinggi," tuturnya.

Tim BPBD melakukan koordinasi lintas sektor dalam upaya penanggulangan banjir di wilayah tersebut, termasuk terus memantau wilayah rawan mengingat hujan masih mengguyur sebagian besar wilayah pesisir tersebut.