Banjir Kritik Saat Konser Dewa-19, Heru Budi Bakal ke JIS Cari Akses Jalan Baru Biar Tak Lagi Macet
Ribuan penonton memadati pintu barat Jakarta International Stadium (JIS) untuk menonton konser Dewa 19 di Jakarta Utara, Sabtu (4/2/2023). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta mengaku akan meninjau langsung Jakarta International Stadium (JIS) untuk melihat kondisi akses jalan dari dan menuju stadion yang dibangun era mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Hal ini menindaklanjuti keluhan yang muncul terhadap akses JIS selepas konser Dewa 19 beberapa waktu lalu. Para penonton konser mengeluhkan kacaunya lalu lintas yang tersendat di lokasi tersebut.

"Saya sudah panggil Kepala Dinas Citata (Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan). Nanti kita ketemu di lapangan. Saya akan ke lapangan," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 10 Februari.

Saat meninjau ke stadion yang terletak di Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara itu, Heru akan mencari cara untuk membuat akses baru sementara waktu bagi kendaraan yang akan keluar JIS agar tidak menumpuk di jalan yang biasa dilalui. Sejalan dengan itu, Pemprov DKI juga berencana membangun jalan baru.

"Saya mau lihat, ada atau enggak dalam waktu dekat (akses) bisa kita potong, minimal untuk jalur evakuasi (keluar dari JIS). Kalau yang ke belakang JIS, lewat Danau (Cincin), itu masih kita kaji," ujar Heru.

Terkait rencana pembangunan jalan baru di belakang JIS, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebutkan jalan tembus itu nantinya tersambung ke tol Pelabuhan (Harbour/HBR) I.

“Dari tol Harbour I nanti turun ramp off (jalan keluar dari jalan utama) di Papanggo kemudian melingkar ke Jalan Danau Bisma, Jalan Utama sampai ke arah Jalan RE Martadinata,” ungkap Hari.

Hari berujar, pihaknya saat ini sedang melakukan konstruksi ramp off yang diharapkan menambah dan mempermudah akses dan lalu lintas ke JIS.

“Jalan keluarnya itu baru dalam konstruksi yang ditargetkan selesai tahun ini,” imbuh Hari.

Gelaran konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 di JIS pada Sabtu, 4 Februari kemarin menjadi peristiwa yang sulit dilupakan para penontonnya. Di balik megahnya penampilan Dewa 19 yang digelar di stadion berkelas internasional ini, ternyata menuai banyak keluhan.

Keluhan penonton konser 30 tahun Dewa 19 ramai diungkapkan di media sosial. Keluhan terbanyak warganet adalah soal buruknya akses mobilitas pengunjung keluar-masuk stadion.