Jelang <i>Reshuffle</i> Prabowo Sering ke Istana, Kursi Menteri Gerindra Bertambah?
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat berkunjungan ke Koramil 10 Medan Marelan di Medan, Sumatera Utara (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga saat menjabat menteri pertahanan kerap ke Istana belakangan ini. Namun, Dasco tidak mengetahui apakah ke Istana untuk membahas reshuffle kabinet atau tidak.

"Pak Prabowo sering ke Istana, saya belum tahu apakah dalam salah satu kunjungan itu kemudian dimintai pendapat reshuffle. Kalau dalam belakangan ini ya sering namanya juga presiden dengan menteri itu bisa seminggu 2-3 kali," ujar Dasco di Jakarta, Selasa 31 Januari.

Terkait reshuffle kabinet, kata Dasco, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. Pasalnya, hal tersebut merupakan hak prerogatif presiden.

"Saya rasa di Gerindra tidak dalam kapasitas mencampuri urusan Reshuffles. Toh kami juga gak ditawari tambahan menteri, kalau ditawari ya mungkin bicaranya serius tentang siapa kan gitu," sanggah Dasco.

Pun misalnya Presiden Jokowi meminta pendapat dari Prabowo sebagai pembantu presiden, Dasco melihat hal itu biasa dan sah--sah saja.

Diketahui, kabar perombakan atau reshuffle kabinet pada hari ini Rabu pon 1 Februari makin berhembus kencang. Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki agenda internal di Istana, Jakarta pada pukul 10.00-12.00 WIB siang ini.

Pada Rabu pagi, Jokowi akan menghadiri acara Mandiri Investment Forum. Kemudian, Rabu siang akan ada kegiatan intern di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sementara sore harinya, Presiden Jokowi akan berangkat ke Bali dalam rangka kunjungan kerja (kunker).

Sebelumnya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dari Partai Nasdem tidak menghadiri rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa 31 Januari.

Menteri Syahrul Yasin Limpo absen dalam ratas bersama Jokowi yang membahas isu pangan. Salah satunya kenaikan harga beras.

Hingga ratas selesai, hanya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, dan Direktur Utama Perum Bulog Budi yang terlihat hadir di Istana Negara.

Rabu Pon kerap menjadi hari yang dipilih Jokowi untuk mengumumkan perombakan kabinet. Sejak menjabat, dari tujuh kali melakukan reshuffle, Jokowi memilih tiga kali hari Rabu Pon, yakni pada 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, dan 23 Desember 2020.

Selain itu, Jokowi tiga kali memilih hari Rabu Pahing untuk mengumumkan reshuffle kabinet, yakni pada 17 Januari 2018, 15 Agustus 2018, dan 15 Juni 2022.