Varian Baru COVID 19 Kraken Masuk Indonesia Terdeteksi di Balikpapan, Menkes Telusuri Kontak Erat
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya sedang menelusuri kontak erat pasien COVID 19 varian Kraken yang telah masuk Indonesia terdeteksi di Balikpapan.

“Sekarang kita sedang melakukan kontak eratnya di mana saja,” katanya setelah menghadiri pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC PEN) dikutip, ANTARA Kamis 26 Januari.

Ia menjelaskan pasien COVID 19 varian Kraken ditemukan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pasien tersebut juga diketahui pernah bepergian ke Jakarta.

Dia menekankan pasien varian Kraken itu langsung terdeteksi oleh pemerintah karena metode surveilans atau pengintaian di Indonesia sudah cukup baik.

"Sekarang kita sedang lakukan surveilans. Itu baru masuk kita langsung tahu jadi memang sistem surveilans kita sudah bagus," ujarnya.

Kraken merupakan varian COVID 19 turunan dari Omicron. Kementerian Kesehatan mendeteksi ditemukan Kraken setelah melakukan genome squencing atau metode yang digunakan untuk mengurutkan genom yang berada di organisme, seperti bakteri, virus, dan manusia.

Budi menekankan dengan masuknya varian Kraken ke Indonesia, masyarakat diimbau tidak panik. Masyarakat juga diimbau menggunakan masker jika berada di dalam ruangan yang padat atau sedang dalam keadaan tidak sehat.

Selain itu, kata dia, imunitas komunitas di Indonesia sudah relatif baik.

“Kita harapkan sero survei akan keluar di Februari 2023. Selama populasi kita baik terutama yang orang tua yang punya komorbid itu imunitasnya masih tinggi. Insyaallah kalau ada varian baru bisa tertangani,” ujarnya.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengakui penularan Kraken memang cepat. Namun Kraken tergolong varian yang lemah.

“Apa artinya? Hospitality-nya tidak tinggi,” ujarnya.