Pidato di Hari Terakhirnya Sebagai PM Selandia Baru, Jacinda Ardern: Terima Kasih Atas Hak Istimewa Terbesar dalam Hidup Saya
Jacinda Ardern. (Wikimedia Commons/US Embassy)

Bagikan:

JAKARTA - Jacinda Ardern pada Hari Selasa mengucapkan selamat tinggal yang emosional pada Hari terakhirnya sebagai perdana menteri, berbicara tentang kebaikan dan empati yang telah ditunjukkan orang Selandia Baru kepadanya.

Tak hanya itu, Ardern pun mengatakan siap menjadi seorang saudara perempuan dan seorang ibu.

Beberapa hari setelah mengejutkan dunia dengan mengumumkan dia "tidak lagi memiliki kemampuan" untuk memimpin negara dan akan mundur, politisi berusia 42 tahun itu tiba di sebuah pertemuan para politisi dan tetua Maori di kota kecil Ratana, sebelah utara dari ibu kota Wellington.

"Terima kasih dari lubuk hati saya yang paling dalam atas hak istimewa terbesar dalam hidup saya," kata Ardern dalam pidatonya, melansir Reuters 24 Januari.

Ardern secara resmi meninggalkan jabatannya pada Hari Rabu esok, digantikan oleh pemimpin Partai Buruh yang baru, Chris Hipkins.

Ardern, bersama dengan Hipkins dan politisi oposisi, melakukan kunjungan tahunan ke Ratana, di mana perayaan selama seminggu diadakan untuk kelahiran Nabi Maori Tahupotiki Wiremu Ratana.

Mengenakan gaun hitam dengan bahu tertutup jubah tradisional Maori, yang disebut korowai, dia memimpin anggota rombongannya ke halaman komunitas saat band kuningan bermain.

jacinda ardern
Jacinda Ardern. (Wikimedia Commons/Ulysse Bellier)

Pidato dan lagu serta tarian pengiring yang mengikutinya, membuat para tetua berbicara dengan humor dan kehangatan tentang Ardern.

"Terima kasih banyak telah mengajari kami untuk mencintai dengan cepat," kata seorang penatua kepada Ardern.

Ardern menjawab, mengatakan dia tidak berencana untuk berbicara tetapi orang-orang di sana menolak untuk memberinya jalan keluar.

"Pengalaman saya secara keseluruhan dalam pekerjaan Selandia Baru dan orang Selandia Baru dalam pekerjaan ini adalah cinta, empati, dan kebaikan," tuturnya.

Ardern mampu menyita perhatian saat membawa bayinya ke pertemuan PBB, serta mengenakan jilbab setelah pembantaian yang menargetkan Muslim.

Meskipun menjadi sasaran kebencian dan pelecehan online oleh ekstremis sayap kanan di media sosial, dia mengatakan meninggalkan pekerjaan itu dengan cinta di hatinya.

"Saya ingin Anda tahu, bahwa saya pergi dengan cinta dan kasih sayang yang lebih besar untuk Aotearoa Selandia Baru dan orang-orangnya daripada saat saya mulai," tandasnya,

Sebelum menuju ke lapangan, Ardern menemui media terakhir kalinya sebagai perdana menteri, tersenyum lebar saat menolak menjawab pertanyaan politik, dengan mengatakan bahwa itu sekarang menjadi tanggung jawab penggantinya.

"Saya siap menjadi banyak hal. Saya siap menjadi 'pendukung' MP (anggota parlemen). Saya siap menjadi kakak dan ibu," ujarnya.

Diketahui, Putri Ardern yang bernama Neve telah berusia 4 tahun dan mulai sekolah pada Bulan Juni mendatang.

Terpisah, Hipkins, mantan menteri COVID Selandia Baru, adalah satu-satunya orang yang dinominasikan untuk mengambil alih sebagai pemimpin Partai Buruh. Dia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2008.