California Kembali Diguncang Penembakan Massal, Tujuh Orang Tewas di Half Moon Bay
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Tony Webster)

Bagikan:

JAKARTA - Tujuh orang tewas dalam penembakan massal di dua lokasi di Kota Half Moon Bay, California utara, Amerika Serikat pada Hari Senin, dengan tersangka kemudian berhasil ditahan, kata para pejabat.

Sheriff San Mateo Christina Corpus mengatakan, pihaknya mendapat informasi penembakan di San Mateo County sekitar pukul 14:22 waktu setempat.

Deputi yang menanggapi panggilan menemukan empat orang tewas dan korban kelima terluka di lokasi pertama di Half Moon Bay, kemudian menemukan tiga lagi tewas di tempat lain di dekatnya, kata Sheriff Corpus pada konferensi pers," melansir Reuters 24 Januari.

Pada pukul 16:40 waktu setempat, Sheriff Corpus mengatakan, tersangka yang merupakan pria berusia sekitar 67 tahun, berhasil ditahan tanpa insiden setelah ditemukan di dalam kendaraan yang tengah terparkir. Petugas juga menemukan pistol di kendaraannya.

"Dia bertindak sendiri dan motifnya belum diketahui," ujar Corpus seperti melansir CNN.

Sherif Corpus mengatakan, tersangka "diyakini sebagai pekerja" di salah satu lokasi di mana orang ditembak. Tersangka diidentifikasi sebagai Zhaoi Chunli, seorang warga Half Moon Bay

Ditanya tentang informasi lain apa yang bisa dia bagikan tentang tersangka, dia berkata:

"Kami dapat memberi tahu Anda bahwa kami tahu dia bertindak sendiri saat ini. Dan kami sedang bekerja dengan kantor kejaksaan saat ini untuk mewawancarai tersangka. Dan segera setelah kami mendapatkan pembaruan lebih lanjut, kami akan dapat memberikannya kepada Anda," tandasnya.

Dikatakan, Zhao saat ini berada dalam tahanan Sheriff San Mateo. Belum diketahui kapan dia akan muncul di pengadilan.

Diketahui, penembakan massal terbaru terjadi hanya dua hari setelah penembakan yang menewaskan 11 orang  di Kota Monterey Park, Los Angeles County, sekitar 400 mil (640 km) ke selatan California.