Kapal Pesiar MS Amera Angkut 751 Penumpang Singgahi Sabang
Kapal pesiar MS Amera berlayar memasuki teluk Sabang sebelum bersandar di Pelabuhan CT-3 BPKS Kota Sabang, Senin (16/1/2022) (ANTARA/HO-Humas Pemkot Sabang)

Bagikan:

BANDA ACEH - Kapal pesiar berbendera Bahamas MS Amera bersandar di Dermaga CT-3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Kota Sabang, sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Belawan, Sumatera Utara.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Sabang Faisal Azwar, Senin, mengatakan pihaknya berharap kunjungan kapal pesiar yang bergerak dari Sri Lanka tersebut menjadi sarana promosi dan investasi daerah yang akan berdampak positif bagi masyarakat Pulau Weh Sabang.

"Semoga dengan kunjungan kapal pesiar ini bisa menjadi sarana promosi dan juga investasi di Sabang, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat baik dari sektor pariwisata maupun UMKM-nya,” kata Faisal Azwar di Kota Sabang dilansir ANTARA, Senin, 16 Januari.

MS Amera yang sebelumnya dikenal dengan Seabourn Sun, Royal Viking Sun dan Prinsendam merupakan kapal pesiar yang dioperasikan oleh Phoenix Reisen. Kapal ini memiliki panjang 205 meter, dan membawa 751 penumpang dan 389 kru di dalamnya.

Sejauh ini, sudah terdaftar delapan kapal pesiar yang akan singgah di pulau paling barat Indonesia itu pada 2023. Saat ini, MS Amera merupakan kapal yang kedua bersandar di Sabang, setelah tiga hari yang lalu disinggahi kapal pesiar MV Coral Geographer.

“Kita berharap akan terus bertambah cruise yang menjadikan Sabang sebagai destinasi wisatanya," kata Faisal.

Selain itu, dia melanjutkan, Pemerintah Kota Sabang, BPKS dan unsur lain serta pelaku pariwisata terus bersinergi dalam menyukseskan kedatangan kapal pesiar MS Amera, termasuk menyiapkan berbagai paket-paket wisata.

"Para wisatawan disambut dengan tarian tradisional serta atraksi wisata, selain itu pelaku UMKM juga turut berpartisipasi menyukseskan kunjungan ini," katanya.