Hujan Masih Guyur Jakarta, 19 RT Terendam Banjir Hingga 1 Meter
FOTO ILUSTRASI/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat pernambahan jumlah wilayah yang terendam banjir akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada siang hingga sore ini.

Per pukul 17.00 WIB, hujan masih mengguyur wilayah Jakarta. Sebanyak 19 RT di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pun terendam banjir. Sebelumnya, tercatat banjir baru menggenang 2 RT pada pukul 15.00 WIB.

BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 2 RT, saat ini menjadi 19 RT atau 0,062 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Rabu, 4 Januari.

Di Jakarta Timur, terdapat 1 RT yang terendam banjir di Kelurahan Tengah dengan ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

Di Jakarta Selatan, terdapat 18 RT yang terendam. Rinciannya, 1 RT di Kelurahan Cipulir dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter, 1 RT di Kelurahan Gunung dengan ketinggian air mencapai 45 sentimeter, 10 RT di Kelurahan Kramat Pela dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter, 5 RT di Kelurahan Kuningan Barat dengan ketinggian air mencapai 60 sentimeter, dan 1 RT di Kelurahan Pela Mampang dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter

Seluruh titik banjir sore ini diakibatkan curah hujan tinggi. Khusus di Kelurahan Kuningan Barat, banjir juga disebabkan oleh luapan Kali Mampang dan Kali Krukut.

Isnawa mengatakan, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," ujar dia.