Malam Ini, 12 RT di Jakarta Banjir Hingga 2 Meter
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 12 RT di Jakarta terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur pada sore hingga malam hari ini.

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Michael Sitanggang mengungkapkan pencatatan 12 RT yang terendam banjir per pukul 21.00 WIB ini mengalami pertambahan titik dari sebelumnya 4 RT pada pukul 18.00 WIB.

"BPBD mencatat saat ini terdapat 1 ruas jalan tergenang dan genangan yang sebelumnya terjadi di 4 RT, saat ini menjadi 12 RT atau 0,039 persen dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Michael dalam keterangannya, Jumat, 4 November.

Di Jakarta Selatan, terdapat 1 RT di Kelurahan Cilandak Timur yang terendam banjir hingga 60 sentimeter.

Di Jakarta Timur, terdapat 5 RT di Kelurahan Cilandak Timur yang terendam banjir hingga 1 meter, terdapat 1 RT di Kelurahan Rambutan yang terendam banjir hingga 50 sentimeter, terdapat 1 RT di Kelurahan Pekayon yang terendam banjir hingga 2 meter.

Di Jakarta Barat, terdapat 1 RT di Kelurahan Tanjung Duren Utara yang terendam banjir hingga 60 sentimeter, terdapat 1 RT di Kelurahan Cengkareng Timur yang terendam banjir hingga 40 sentimeter, terdapat 1 RT di Kelurahan Duri Kepa yang terendam banjir hingga 50 sentimeter.

"Penyebabnya curah hujan tinggi, luapan Kali Krukut, Kali Cipinang, dan Kali Baru, tulisnya.

Kemudian, terdapat 1 ruas jalan yang tergenang hingga 30 sentimeter, yakni di Jalan Arjuna Utara Kelurahan Duri Kepa Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," imbuh Michael.