Jakarta Diguyur Hujan, 6 RT di Jaksel Banjir Hingga 1,7 Meter
Banjir di kawasan Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jumat (12/11/2021). ANTARA/Sihol Hasugian

Bagikan:

JAKARTA - Hujan mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak sore hingga malam ini. Berdasarkan pencatatan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI pada pukul 18.00 WIB, banjir melanda 6 RT.

"Informasi genangan saat ini, ada 6 RT dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BPBD DKI M. Insaf dalam keterangannya, Jumat, 12 November.

Insaf menuturkan, keenam RT yang terendam banjir berada pada tiga kelurahan di Jakarta Selatan. Di Kelurahan Kalibata, banjir terjadi di 2 RT dengan ketinggian air mencapai 40 sampai dengan 50 sentimeter.

"Penyebab genangan di Kelurahan Kalibata adalah curah hujan tinggi," ujar Insaf.

Banjir juga merendam 3 RT di Kelurahan Bangka dengan ketinggan air sekitar 1 meter hingga 1,7 meter dan 1 RT di Kelurahan Tegal Parang dengan ketinggian air mencapai 40 sentimeter.

"Genangan di Kelurahan Bangka dan Tegal Parang disebabkan luapan Kali Mampang dan Krukut," tutur dia.

Saat ini, banjir yang melanda sedang ditangani oleh pihak kelurahan setempat bersama PPSU, tim TRC BPBD, Dinas SDA, Satpol PP, Tagana, dan Dinas Gulkarmat.

"Genangan ditargetkan akan surut dalm waktu cepat," ucapnya.

Berdasarkan prediksi cuaca terbaru BMKG, seluruh wilayah di Jakarta berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat pada pukul 18.00-21.00 WIB.