Resmi Dilantik Sebagai Presiden Brasil, Lula: Kami Tidak Membawa Semangat Balas Dendam, Tapi Jamin Supremasi Hukum
Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva (Sumber: Twitter/@LulaOficial/ricardostuckert)

Bagikan:

JAKARTA - Luiz Inacio Lula da Silva dilantik sebagai Presiden Brasil pada Hari Minggu, menyampaikan dakwaan pedas terhadap mantan pemimpin sayap kanan Jair Bolsonaro dan bersumpah akan melakukan perubahan drastis untuk menyelamatkan negara yang dilanda kelaparan, kemiskinan dan rasisme.

Dalam pidatonya di depan Kongres setelah secara resmi mengambil kendali negara terbesar di Amerika Latin itu, Lula mengatakan demokrasi adalah pemenang sebenarnya dari pemilihan presiden Oktober, ketika dia mengalahkan Bolsonaro dalam pemilihan paling sengit selama satu generasi.

Bolsonaro, yang meninggalkan Brasil ke Amerika Serikat pada Hari Jumat setelah menolak untuk mengakui kekalahan, mengguncang sangkar demokrasi muda Brasil dengan klaim tak berdasar tentang kelemahan Pemilu yang melahirkan gerakan keras para penyangkal pemilu.

"Demokrasi adalah pemenang besar dalam pemilihan ini, mengatasi ancaman paling kejam terhadap kebebasan untuk memilih, dan kampanye kebohongan serta kebencian yang paling hina yang direncanakan untuk memanipulasi dan mempermalukan para pemilih," kata Lula kepada anggota parlemen, melansir Reuters 2 Januari.

Lula, yang berada di balik jeruji besi selama pelantikan Bolsonaro tahun 2019 atas tuduhan korupsi yang kemudian dibatalkan, menyampaikan ancaman terselubung kepada pendahulunya.

Bolsonaro menghadapi risiko hukum yang meningkat atas retorika anti-demokrasinya dan penanganannya terhadap pandemi sekarang karena dia tidak lagi memiliki kekebalan presiden. Perjalanan mantan presiden ke Florida melindunginya dari bahaya hukum langsung di Brasil.

"Kami tidak membawa semangat balas dendam terhadap mereka yang mencoba menaklukkan bangsa dengan desain pribadi dan ideologis mereka, tetapi kami akan menjamin supremasi hukum," kata Lula, tanpa menyebut nama pendahulunya.

"Mereka yang berbuat salah akan menjawab kesalahan mereka," tegasnya.

Dia juga menuduh pemerintahan Bolsonaro melakukan "genosida" lantaran gagal merespons dengan baik virus COVID-19 yang menewaskan lebih dari 680.000 warga Brasil.

"Tanggung jawab atas genosida ini harus diselidiki dan tidak boleh dibiarkan begitu saja," sebutnya.

Rencana Lula untuk pemerintahan sangat kontras dengan empat tahun Bolsonaro menjabat, yang ditandai dengan kemunduran perlindungan lingkungan di hutan hujan Amazon, undang-undang senjata yang lebih longgar, dan perlindungan yang lebih lemah untuk masyarakat adat dan minoritas.

Setelah pengambilan sumpah, Presiden Lula mengendarai Rolls-Royce atap terbuka ke Istana Planalto, di mana dia berjalan menaiki tanjakannya bersama istrinya dan kelompok yang beragam, termasuk Kepala Raoni Metuktire dari Suku Kayapó.

Lula kemudian diserahkan selempang kepresidenan - tindakan simbolis yang sangat besar di Brasil yang berulang kali dikatakan Bolsonaro tidak akan pernah dia lakukan - oleh Aline Sousa, seorang pemulung kulit hitam.

Puluhan ribu orang yang berkumpul untuk merayakan di lapangan terbuka Brasilia bersorak saat Lula menyeka air mata.

Diketahui, pelantikan Lula berlangsung di tengah peningkatan keamanan, setelah beberapa pendukung Bolsonaro mengklaim pemilihan itu dicuri dan menyerukan kudeta militer untuk menghentikan Lula kembali menjabat dalam iklim vandalisme dan kekerasan.

Pada Sabtu malam, penjabat Presiden Hamilton Mourao, yang merupakan wakil presiden Bolsonaro, mengkritik mantan bosnya karena membiarkan sentimen anti-demokrasi berkembang setelah kekalahannya dalam pemilihan.

"Pemimpin yang seharusnya meyakinkan dan mempersatukan bangsa, membiarkan kesunyian atau protagonisme yang tidak tepat dan merusak untuk menciptakan suasana kekacauan dan disintegrasi sosial," kata Mourao.

Kemenangan pemilihan Lula menandai kembalinya politik yang menakjubkan, memenangkan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya setelah jeda yang membuatnya menghabiskan satu setengah tahun di balik jeruji besi.