Bagikan:

JAKARTA - Rusia kembali unjuk gigi di bidang pembangunan kapal perang, dengan meluncurkan tiga kapal sekaligus pada Hari Kamis di tiga galangan berbeda di Severodvinsk, Baltiysk dan Vladivostok.

Tiga kapal yang diluncurkan di akhir tahun 2022 meliputi kapal selam bertenaga nuklir Generalissimus Suvorov, kapal rudal kecil Grad dan kapal penyapu ranjau laut Anatoly Shlemov.

Mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja keras pada pembuat kapal Rusia, Presiden Putin memuji kemampuan dan profesional mereka dalam membangun kapal perang modern.

"Para perancang, insinyur, pekerja di perusahaan ini sekali lagi membuktikan profesionalisme tinggi mereka dalam praktik," kata Presiden Putin, seperti melansir situs Kremlin 29 Desember.

Diketahui, kapal selam dan kapal permukaan baru memiliki navigasi modern, sistem komunikasi dan hidroakustik, senjata presisi tinggi dan sistem robotik.

"Jadi, Generalissimus Suvorov dipersenjatai dengan rudal balistik Bulava, yang secara signifikan meningkatkan kemampuan angkatan laut nuklir kita. Dan saya perhatikan bahwa empat kapal selam lagi akan dibangun sebagai bagian dari program persenjataan negara saat ini, yang akan memastikan keamanan Rusia selama beberapa dekade mendatang," jelas Presiden Putin.

kapal penyapu ranjau Anatoly Shlemov
Kapal penyapu ranjau Anatoly Shlemov milik Rusia. (Sumber: TASS/Yuri Smituyk)

Sementara, kapal roket kecil Grad juga merupakan proyek generasi baru. Kapal kelas ini telah menunjukkan efisiensi tinggi dalam menyelesaikan misi tempur di Suriah, dan telah membuktikan diri dengan baik selama operasi militer khusus di Ukraina.

Sedangkan kapal penyapu ranjau laut  Anatoly Shlemov, juga termasuk generasi baru. Proyek ini dianggap sebagai salah satu perkembangan Rusia paling sukses dalam pembuatan kapal permukaan. Kedepannya direncanakan akan dibangun sepuluh kapal lagi dari kelas ini.

"Saya tegaskan kami akan meningkatkan kecepatan dan volume pembangunan kapal dari berbagai proyek, melengkapinya dengan senjata paling modern, melakukan pelatihan operasional dan tempur para pelaut, dengan mempertimbangkan pengalaman yang diperoleh, termasuk selama operasi militer khusus," papar Presiden Putin.

"Kami akan melakukan semua yang diperlukan untuk memastikan keamanan Rusia secara andal, perlindungan kepentingan nasional kami di lautan," tandas Presiden Putin.

Sementara, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang juga mengikuti peluncuran menambahkan, kapal-kapal telah diserahterimakan. Pengibaran bendera menjadi penandanya.

"Kapal-kapal itu telah diterima Angkatan Laut," jelas Menteri Shoigu di akhir upacara, seperti mengutip TASS.