Mengapa Jokowi Tunjuk Pahala Mansury sebagai Wakil Erick Thohir?
Wakil Menteri BUMN I, Pahala Mansury. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pahala Nugraha Mansury resmi menjabat sebagai Wakil Menteri (Wamen) BUMN I menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Kesehatan. Pahala sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). 

Penunjukan itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 76/M 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri yang dibacakan Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama pada Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2019-2024 di Istana Negara, Rabu, 23 Desember.

Pahala mengakui bahwa dirinya dihubungi langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, ihwal penunjukan dirinya untuk menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Menteri BUMN.

Lebih lanjut, Pahala mengaku siap untuk membantu Erick Thohir untuk merealisasikan visi kementerian dan menggenjot bisnis para perusahaan pelat merah.

"Tentunya karena kami sebagai Wamen BUMN tugasnya membantu Pak Menteri BUMN, yang menghubungi kami juga Pak Menteri Erick Thohir pada waktu itu," katanya, di Jakarta, Rabu, 23 Desember.

Pahala juga mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang sudah memercayainya untuk mengisi bangku Wamen BUMN.

"Pertama-pertama tentu kita ingin ucapkan terimakasih kepada Presiden yang sudah percayakan saya menggantikan Pak Budi Gunadi Sadikin sebagai Wamen BUMN," ucapnya.

Lebih lanjut, Pahala berujar, Erick juga berpesan kepada dirinya terkait visi serta program Kementerian BUMN yang harus ditindaklanjuti ke depannya. Khususnya adalah transformasi perusahaan pelat merah yang menjadi langkah utama Menteri BUMN.

Dalam kesempatan itu, Pahala juga mengutarakan bahwa hubungan dia bersama Erick sudah terjalin sudah cukup lama.

"Beliau juga sampaikan visi dan beberapa hal yang perlu kita tindak lanjuti. Arahan beliau, bagaimana kita di BUMN bisa terus lakukan transformasi, melakukan penciptaan nilai, dan di luar itu bisa berikan impact dan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas," jelasnya.

Sebelum ditunjuk sebagai Wamen I BUMN, jabatan terakhir Pahala sebagai Direktur Utama Bank BTN. Dia diangkat melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 27 November 2019 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 10 Februari 2020 lalu.

Kementerian BUMN mengungkap, serah terima jabatan (Sertijab) Wakil Menteri BUMN I antara Budi Gunadi Sadikin dan Pahala Nugraha Mansury belum dipastikan dilaksanakan hari ini. Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan terkait pelaksanaan sertijab.

"Sepertinya enggak ada agenda sertijab hari ini ya," kata Arya, saat dikonfirmasi, Rabu, 23 Desember.