Siapa Pahala Nugraha Mansury, Bankir yang Kini Jadi Wamen BUMN
Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pahala Nugraha Mansury resmi menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I mengantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan. Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Rabu, 23 Desember.

Penunjukan Pahala ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 76/M 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Usai dilantik, Pahala mengakui bahwa dirinya dihubungi langsung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ihwal penunjukan dirinya untuk menggantikan posisi Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Menteri BUMN.

"Tentunya karena kami sebagai Wamen BUMN tugasnya membantu Pak Menteri BUMN, yang menghubungi kami juga Pak Menteri Erick Thohir pada waktu itu," katanya, di Jakarta, Rabu, 23 Desember.

Pahala juga mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang sudah mempercayainya untuk mengisi bangku Wamen BUMN. "Pertama-pertama tentu kita ingin ucapkan terimakasih kepada Presiden yang sudah percayakan kami (saya) menggantikan Pak Budi Gunadi Sadikin sebagai Wamen BUMN," ucapnya.

Lebih lanjut, Pahala berujar, Erick juga berpesan kepada dirinya tekait visi serta program Kementerian BUMN yang harus ditindaklanjuti ke depannya. Khususnya adalah transformasi perseroan pelat merah yang menjadi langkah utama Menteri BUMN.

Dalam kesempatan itu, Pahala juga mengutarakan bahwa hubungan dia bersama Erick sudah terjalin sudah cukup lama.

"Beliau juga sampaikan visi dan beberapa hal yang perlu kita tindak lanjuti. Arahan beliau, bagaimana kita di BUMN bisa terus lakukan transformasi, melakukan penciptaan nilai, dan di luar itu bisa berikan impact dan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas," jelasnya.

Dikenal Sebagai Konsultan Keuangan dan Perbankan

Pahala Nugraha Mansury lahir di Bogor, 8 April 1971. Namanya sudah malang-melintang di industri keuangan dan perbankan. Dia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama BTN. Sebelum menjadi direktur utama, dia sempat menduduki posisi Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero).

Pahala mendapat gelar sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Sedangkan memperoleh gelar MBA Finance dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat (AS).

Namun, perjalanan karier Pahala bukan bermula di perbankan. Awalnya dia merupakan konsultan manajemen di Andersen Consulting hingga tahun 1997. Kemudian, pada tahun 1998, Pahala bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York. Karirnya sebagai konsultan mulai cemerlang.

Pahala kembali menjadi konsultan saat bergabung dengan Booz Allen & Hamilton sebagai konsultan senior selama satu tahun di 1999. Namun, kerjanya memang beririsan dengan dunia perbankan. Pada tahun yang sama, ia sempat bergabung dengan Boston Consulting Group sebagai pemimpin dalam beberapa proyek perbankan.

Mulai 2003, Pahala mulai kariernya di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Karirnya sebagai bankir terus meningkat sehingga Bank Mandiri menjadi pijakan penting dalam sejarah hidupnya.

Selang tujuh tahun, tepatnya pada 2010, karier Pahala langsung melejit dengan menduduki jabatan sebagai salah satu direktur, yakni EVP Coordinator Finance & Strategy and Chief Financial Officer Bank Mandiri.

Pahala lantas merambah karir ke bisnis penerbangan. Pada April 2017, Pahala dipercaya menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Ia menjabat sebagai orang nomor satu maskapai pelat merah selama 17 bulan sebelum akhirnya digeser menjadi Direktur Keuangan Pertamina.

============

Profil Pahala Nugraha Mansury

Nama Lengkap

Pahala Nugraha Mansury

Nama Panggilan

Pahala Nugraha Mansury

Tempat dan Tanggal Lahir

Bogor, 8 April 1971

Agama

Islam

Profesi

Bankir

Gelar/Titel

Master Administrasi Bisnis di bidang Keuangan

_________

Pendidikan Formal

1994 - 1999 : Master of Business Administration in Finance, Leonard N Stern. Schoolf of Business New York University

1989 - 1994 : Bachelor of Economics / Accounting, Universitas Indonesia (UI).

__________

Pekerjaan

1997 : Konsultan manajemen di Andersen Consulting.

1998 : Bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York

1999 : Konsultan senior di Booz Allen & Hamilton

2003 - 2005 : Senior Vice President Economic & Financial Research Group Head PT Bank Mandiri (Persero), Tbk

2005 - 2006 : Senior Vice President Corporate Development Group Head PT Bank Mandiri (Persero), Tbk

2006 - 2010 : EVP Koordinator Finance & Strategy PT Bank Mandiri (Persero), Tbk

2010 - 2015 : Direktur Finance & Strategy

2015 - 2017 : Direktur Treasury & Market PT Bank Mandiri (Persero), Tbk

2017 - 2018 : Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk

2018 - 2019 : Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero)

2019 - 2020 : Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk

2020 - Saat ini : Wakil Menteri BUMN I