Sah, Jokowi Lantik Enam Menteri dan Lima Wakil Menteri
Presiden RI Joko Widodo (Foto: Setkab)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri barunya di Kabinet Indonesia Maju. Keenam orang ini dilantik pada Rabu, 23 Desember atau Rabu Pon jika menggunakan penanggalan Jawa.

Keenam menteri yang dilantik tersebut adalah Tri Risma Harini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Kemudian Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Yaqut Choilil Qoumas alias GUs Yaqut sebagai Menteri Agama, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Acara pelantikan ini dilakukan pada pukul 09.30 WIB di Istana Negara, Jakarta dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Menteri sisa jabatan periode 2019-2024 dan pembacaan sumpah yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-selurusnya demi darmabakti saya pada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan para menteri.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab."

Selanjutnya, Presiden Jokowi menyelamati para pejabat yang baru dilantik. Bersamaan dengan pelantikan menteri ini, Jokowi juga melantik para wakil menteri, yaitu:

1. Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Muhammad Herindra

2. Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Syarif Hiariej

3. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono

4. Harvick Hasnul Qolbi Sebagai Wakil Menteri Pertanian

5. Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansyuri