Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik tiga wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Maju selakigus di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis 18 Juli sore.

Tiga yang dilantik adalah penambahan wamen keuangan, pengangkatan wamen investasi, serta pergantian wamen pertanian.

Mereka adalah Thomas A.M Djiwandono menjadi Wamen Keuangan.

Djiwandono merupakan anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran Bidang Ekonomi dan Keuangan. Ia juga kader Partai Gerindra keponakan dari Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Selanjutnya Sudaryono dilantik menjadi Wamen Pertanian menggantikan Harvick Hasnul Qolbi. Ia mantan asisten pribadi Prabowo pada 2010 hingga 2014 kini menjabat Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah (Jateng).

Kemudian yang ketiga Yuliot Tanjung menjabat Wamen Investasi. Yuliot juga Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM.

Ketiganya sah menjadi wamen usai mengucapkan sumpah jabatan yang disaksikan langsung Presiden Jokowi.

"Bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya, kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar ketiganya mengucapkan sumpah jabatan.