Trenggono Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Jubir Prabowo: Orang yang Tepat
Wahyu Trenggono (DOK. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Sakti Wahyu Trenggono yang tadinya duduk sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo.

Terkait penunjukkan ini, Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-Lembaga Dahnil Anzar Simanjutak mengatakan Trenggono adalah orang yang tepat untuk duduk di jabatan tersebut. Alasannya, selama ini Trenggono telah bekerja keras membantu Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

"Pak Wamenhan adalah orang tepat. Karena selama di Kementerian Pertahanan beliau adalah pekerja keras dan banyak membantu Menhan Prabowo," kata Dahnil saat dihubungi wartawan, Selasa, 22 Desember.

Sementara untuk pengganti Trenggono di posisi Wakil Menteri Pertahanan, Dahnil mengatakan, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi.

"Keputusan Wamenhan pengganti tentu kami serahkan sepenuhnya juga kepada Presiden," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, selain mengumumkan nama nama Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial (Mensos) dan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Jokowi juga mengumumkan nama lain yaitu Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terjerat kasus korupsi.

Trenggono yang merupakan mantan bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 tadinya menduduki jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) mendampingi Prabowo Subianto.

"Bapak Sakti Wahyu Trenggono, beliau sekarang memegang jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan dan kita beri tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," ungkap Jokowi. 

Setelah diumumkan oleh Presiden Jokowi, Trenggono pun memasuki tempat acara pengumuman berlangsung. Dia terlihat menggunakan kemeja putih dibalut dengan jaket biru dan menggunakan celana berwarna hitam.

Sekilas soal Trenggono, dia merupakan pebisnis di bidang penyedia infrastruktur menara telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan kepemilikan 14.000 menara.