Trenggono Jadi Menteri Kelautan Perikanan: Saya akan Lakukan Evaluasi Supaya Bermanfaat Bagi Bangsa
Sakti Wahyu Trenggono (DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyebut dirinya akan mempelajari dan melakukan evaluasi agar kementerian yang dipimpinnya. Tujuannya agar Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat memanfaatkan potensi yang ada di perairan Indonesia.

"Saya akan belajar dan menggali, melakukan evaluasi untuk selanjutnya bisa (mengetahui, red) apa yang harus kami lakukan supaya bisa menjadi manfaat bagi bangsa," kata Trenggono dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 22 Desember.

Dia mengatakan, seluruh potensi yang ada di perairan Tanah Air akan dimanfaatkan dengan baik tanpa mengesampingkan masalah lingkungan.

Trenggono ngaku sempat kaget ketika diminta memperbaiki kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tapi dia mengaku tetap siap menjalankan amanah barunya di Kabinet Indonesia Maju.

Selain itu, dirinya berjanji akan belajar secara cepat untuk menangani permasalahan di sektor kementerian yang dipimpinnya sehingga dapat menghasilkan solusi terbaik ke depannya.

"Saya bukan orang yang pandai beretorika, saya hanya ingin segera bekerja bersama seluruh pemangku kepentingan untuk kemajuan sektor bahari. Mohon doa dari masyarakat agar kita lancar, dan amanah menjalankan tugas" ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, selain mengumumkan nama nama Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial (Mensos) dan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Jokowi juga mengumumkan nama lain yaitu Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terjerat kasus korupsi.

Trenggono yang merupakan mantan bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 tadinya menduduki jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) mendampingi Prabowo Subianto.

"Bapak Sakti Wahyu Trenggono, beliau sekarang memegang jabatan sebagai Wakil Menteri Pertahanan dan kita beri tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," ungkap Jokowi. 

Setelah diumumkan oleh Presiden Jokowi, Trenggono pun memasuki tempat acara pengumuman berlangsung. Dia terlihat menggunakan kemeja putih dibalut dengan jaket biru dan menggunakan celana berwarna hitam.

Sekilas soal Trenggono, dia merupakan pebisnis di bidang penyedia infrastruktur menara telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan kepemilikan 14.000 menara.