Israel Kandangkan 11 Jet Siluman F-35 Miliknya, Setelah Kecelakaan Pesawat Sejenis di Amerika Serikat
Jet Tempur F-35 Israel. (Wikimedia Commons/IDF Spokesperson's Unit photographer)

Bagikan:

JAKARTA - Israel telah mengandangkan 11 jet tempur siluman F-35 canggihnya, kata angkatan udara negara itu, menyusul kecelakaan di Amerika Serikat yang termasuk versi laut dari pesawat tertentu, yang jatuh selama penerbangan uji awal bulan ini.

Militer mengatakan jet tempur akan diperiksa untuk masalah serupa dengan yang menyebabkan kecelakaan di Negeri Paman Sam, dan sesuai rekomendasi dari Kantor Program Gabungan F-35.

"Dari temuan dan informasi yang diberikan, ditemukan bahwa pesawat-pesawat ini memerlukan pemeriksaan khusus untuk mengesampingkan kemungkinan kerusakan berulang," ujar militer Israel (IDF), seperti mengutip Daily Sabah dari media lokal 27 Desember.

Sebelumnya, sebuah jet tempur F-35B jatuh di landasan pacu Pangkalan Angkatan Laut AS di Texas pada 15 Desember, selama uji kemampuan melayang. Pilot berhasil melontarkan diri dengan selamat dan tidak terluka.

Diketahui, F-35I, jet tempur F-35 versi Israel, didasarkan pada F-35A, dengan sistem lepas landas dan pendaratan konvensional. Sementara, Varian-B, yang digunakan oleh Korps Marinir AS dan angkatan laut lainnya, memungkinkan lepas landas pendek dan pendaratan vertikal di kapal induk.

Sebelumnya, militer Israel telah mengandangkan seluruh armada F-35 selama seminggu pada awal tahun ini, karena masalah kursi ejektor.

Israel diketahui setuju untuk membeli setidaknya 50 jet tempur F-35 dari Lockheed Martin hingga 2024, dengan 36 pesawat telah dikirimkan sejauh ini.