Bagikan:

JAKARTA - Arus penumpang di Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kampung Rambutan, Jakarta Timur menjelang libur natal dan tahun baru mulai alami kepadatan pada Rabu, 21 Desember.

Para calon penumpang mendominasi keberangkatan tujuan pulau Sumatera. Lonjakan penumpang terjadi sekitar 50 persen dari biasanya.

Seiring kepadatan penumpang bus, petugas Dinas Perhubungan melakukan ramp check terhadap armada bus yang beroperasi.

Namun di tengah pemeriksaan, terjadi kericuhan antara pengurus perusahaan otobus (PO Bus) dengan petugas ramp check. Pengurus PO Bus keberatan karena pemeriksaan tidak sesuai titik yang ditentukan.

"Ramp Check jika (kendaraan bus) gagal (berangkat) kita alihkan ke kendaraan lain," kata Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadoni, Rabu, 21 Desember.

Adapun pemeriksaan kendaraan dilakukan untuk menjamin keselamatan perjalanan angkutan natal dan tahun baru. Petugas memberikan peringatan keras kepada PO Bus agar mengganti ban kendaraan yang sudah tidak layak jalan.

Setelah dilakukan penjelasan dengan kepala terminal, salah satu pengurus PO akhirnya mengerti dengan tugas yang dilakukan oleh petugas ramp check di Terminal Kampung Rambutan.

"Kalau masih ditolerir, (bus) masih kita berangkatkan," ujarnya.