Beli 22 Persen Saham Bank Jago, Gojek Incar <i>Cuan</i> Lebih?
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lagu Ampun Bang Jago yang dibuat oleh oleh Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr) viral di jagat media sosial belakangan ini. Namun di dunia bisnis, ada Bang Jago lainnya yang tengah hangat dibicarakan, yakni PT Bank Jago Tbk.

Perusahaan perbankan berkode saham ARTO tersebut, pada Jumat 18 Desember lalu mengumumkan, 22 persen sahamnya sudah resmi menjadi milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias Gojek. Ini merupakan salah satu aksi Gojek untuk mencari keuntungan atau cuan demi menata ulang kembali bisnisnya, di mana bisnis transportasi memang tidak selamanya menguntungkan.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, investasi di Bank Jago merupakan bagian dari strategi bisnis jangka panjang yang akan memperkuat pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Gojek ke depannya. Kemitraan dengan Bank Jago adalah sebuah pencapaian baru bagi Gojek dalam menyediakan berbagai solusi dari masalah sehari-hari melalui teknologi.

"Bank berbasis teknologi seperti Bank Jago akan memperkuat ekosistem Gojek sekaligus akan membuka akses yang lebih luas kepada layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi kedua perusahaan untuk mendorong percepatan inklusi keuangan di Indonesia," ujar Andre dikutip dari keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jago, Kharim Siregar mengatakan pihaknya bangga dan sangat menanti untuk bekerja sama dengan Gojek yang memiliki jutaan konsumen dan mitra usaha di seluruh Indonesia.

"Kami akan saling melengkapi karena Bank Jago memiliki pengalaman dan keahlian dalam memahami kebutuhan finansial masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Bank Jago didirikan pada 1992 dengan nama PT Bank Artos Indonesia (Bank Artos). Pada 2020, Bank Artos melakukan perubahan nama menjadi PT Bank Jago Tbk sebagai bagian dari transformasi perusahaan untuk menjadi bank berbasis teknologi (digital bank). Hal ini sejalan dengan aspirasi perusahaan untuk meningkatkan kesempatan tumbuh masyarakat melalui layanan keuangan dengan mengoptimalkan teknologi.

Sebagai informasi, saham Bank Jago mengalami penguatan yang sangat signifikan pada perdagangan hari ini Senin 21 Desember. Pada pukul 11.08 WIB, saham berkode ARTO ini melonjak 480 poin atau 12,31 persen ke level Rp4.380 per lembar saham.