Deretan Pencapaian Gojek Saat Masuki Usia Satu Dekade
Ilustrasi (dokumentasi Gojek)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini platform aplikasi ride-hailing, Gojek memasuki usia ke-10 tahun, dan apa saja yang telah di capai oleh aplikasi Karya Anak Bangsa tersebut?

Menurut laporan, Gojek berhasil mencapai laba operasional di luar biaya headquarter atau dikenal dengan istilah contribution margin positive di tengah pandemi COVID-19. Hal ini tentu saja semakin memperkuat fundamental bisnis Gojek.

Fundamental itu didukung oleh total nilai transaksi di dalam platform Gojek group Gross Transaction Value (GTV) yang mencapai 12 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp170 triliun, di mana itu meningkat 10 persen dibandingkan tahun lalu.

"Didorong pula oleh transaksi dari pengguna aktif bulanan Gojek yang telah mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara. Sementara itu, GTV dari layanan pembayaran digital, GoPay, saat ini telah melampaui total GTV di masa pra-pandemi. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya konsumen dan merchant yang beralih ke layanan digital dan bertransaksi secara daring," ungkap Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo dalam konferensi pers virtual, Kamis 12 November.

Tangkap layar acara konferensi pers Gojek, Kamis, 12 November

Selain itu, Gojek juga mendukung pelaku usaha UMKM untuk beralih ke serba digital. Ini juga berpengaruh kepada fundamental bisnis Gojek. Perusahaan diantaranya menghadirkan layanan one-stop-solution yang dapat digunakan oleh para pelaku UMKM, untuk memudahkan layanan dan transaksi mereka secara digital. 

"Layanan ini juga mengalami peningkatan GTV sebesar 500 persen sejak awal pandemi, dan telah membuka peluang bagi lebih banyak UMKM untuk mulai berjualan online," ujar Andre.

Tidak berhenti di sana, Andre mengatakan Gojek juga telah mengintegrasikan aplikasinya secara global di Indonesia, Singapura, Vietnam dan Thailand. Hal ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat Gojek di pasar internasional.

"Tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kita semua, dan kami bangga Gojek dapat tetap resilient, terus menjadi andalan masyarakat agar tetap produktif, serta di saat yang sama mampu memperkuat fundamental perusahaan," jelas Andre.