Penonton Liga 1 Mohon Bersabar! Kapolri Sigit dan Menpora Tengah 'Sibuk' Asesmen Kondisi Stadion
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan keterangan pers persiapan penyelenggaraan pertandingan Piala AFF 2022 di GBK/ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut tengah mengevaluasi atau asesmen kondisi seluruh stadion sepak bola. Tujuannya untuk memutuskan bisa tidaknya pertandingan Liga 1 Indonesia dihadiri penonton.

Proses evaluasi itu dilakukan buntut tragedi maut di Stadion Kanjuruhan Malang yang menyebabkan ratusan orang tewas. Salah satu penyebabnya kondisi stadion yang dianggap tak laik. 

"Saat ini Liga 1 telah dilaksanakan dengan tanpa penonton, kenapa demikian karena kita sedang melakukan asesmen terhadap kondisi-kondisi stadion yang ada," ujar Listyo Sigit di Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa, 20 Desember.

Proses evaluasi pun melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Tetapi, diharapkan asesemen berbuah manis. Sehingga, masyarakat bisa kembali menyaksikan secara langsung pertandingan sepak bola Liga 1.

"Sehingga nanti pada saat bulan Januari kita bisa kembali pada home away, jadi pertandingan ada penonton. Jadi waktu ini lah yang kita persiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga ke depan Liga 1 pun juga bisa dihadiri oleh penonton," kata Sigit.

Sebelumnya diberitakan, Polri memberi izin penyelenggaraan pertandingan Piala FFA 2022 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat 23 Desember nanti. Namun, jumlah penonton pertandingan dibatasi sebanyak 70 persen dari total kapasitas stadion.

"Kami telah mengeluarkan izin untuk kegiatan Piala AFF bisa dihadiri oleh penonton. Pada saat ini kami berikan maksimal 70 persen dari kapasitas penonton," kata Sigit.