Pemprov DKI Gelar Perayaan Malam Tahun Baru di 7 Titik, Ini Sebarannya
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono/DOK IST

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berencana menggelar perayaan malam Tahun Baru 2023 di tujuh titik pada 31 Desember 2022 mendatang. Hal ini diputuskan berdasarkan rapat pimpinan hari ini.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut perayaan tingkat provinsi dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya di panggung budaya Archipelago mulai pukul 20.00 WIB.

"Kami nanti kegiatannya ada di Taman Mini. Lalu, di wilayah, setiap kantor wali kota juga mengadakan perayaan tahun baru," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 20 Desember.

Lalu, rincian perayaan malam Tahun Baru di enam wilayah yakni Thamrin 10 di Jakarta Pusat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Setu Babakan di Jakarta Selatan, Old Shanghai di Jakarta Timur, dan Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu.

Melanjutkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Andhika Permata menyebut perayaan malam Tahun Baru juga akan diisi oleh car free night di sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

"Rencananya juga ada car free night pada tanggal 31 Desember. Akan didirikan sejumlah panggung yang berjarak dan ada genre musiknya," ungkap Andhika.

Andhika menjelaskan, penyebaran panggung di sepanjang Sudirman-Thamrin ini dilakukan untuk mengurai kerumunan pengunjung saat malam Tahun Baru.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pihaknya menyiapkan 10 titik parkir yang tersebar di sekitar kawasan Jalan Sudirman-Thamrin saat gelaran crowd free night.

Lokasi parkir ini digunakan untuk menampung kendaraan pengunjung karena sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan ditutup untuk kendaraan pribadi selama malam Tahun Baru.

"Untuk lokasi parkir memang yang teridentifikasi di Jalan Sudirman-Thamrin, total sebanyak 40 lokasi, detailnya nanti. Kapasitasnya cukup. Namun, kami harap masyarakat yang nanti berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin merayakan Tahun Baru menggunakan layanan angkutan umum," ungkap Syafrin.

Khusus perayaan malam Tahun Baru di Kepulauan Seribu, Dishub DKI juga menyediakan puluhan kapal yang akan mengantar masyarakat dari Pelabuhan Muara Angke.

"Untuk layanan kapal rakyat sudah tersedia 22 kapal yang nantinya akan melayani, kemudian kapal dishub total ada 19 yang nantinya akan diberdayakan di sana," ujar Syafrin.

"Tentu untuk layanan, kita menyesuaikan dengan cuaca. Warga kami imbau untuk berangkat merayakan Tahun Baru tanggal 31 di Pulau Seribu bisa berangkat hari Jumat atau Sabtu pagi bisa berangkat, sehingga malamnya bisa melakukan kegiatan," lanjutnya.