Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) yang baru sudah berada di kantong. Dia memastikan, pengganti Laksamana Yudo Margono yang kini menjabat sebagai Panglima TNI akan berbintang tiga dan akan segera dilantik.

"Secepatnya (dilantik, red). Sudah, sudah (ada nama, red). Calonnya yang jelas bukan dari bintang 1, bukan dari bintang 2," kata Jokowi kepada wartawan usai pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Senin, 19 Desember.

"Tapi dari bintang 3," sambungnya.

Jokowi masih menutup rapat nama tersebut. Namun, dia memastikan pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Nanti, kalau sudah nanti segera kita lantik," tegas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono dilantik pada hari ini, Senin, 19 Desember. Dia dilantik menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun pada Desember ini.

Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta dan dihadiri sejumlah tamu undangan. Di antaranya, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Kepala Staf TNI. Hadir juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pelantikan.

Adapun kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya, dibacakan Keputusan Presiden RI Nomor 91 TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

"Memutuskan memberhentikan dengan hormat Jenderal TNI Andika Perkasa dari jabatannya sebagai Panglima TNI," demikian Keppres itu dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda Hersan di tayangan YouTube.

"Mengangkat Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI," sambungnya.