9 Perwira TNI Al Ini Berpeluang Jadi Calon KSAL Pengganti Yudo Margono
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Presiden Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Andika Perkasa yang segera memasuki usia pensiun. Setelah kabar ini mencuat ke publik, nama-nama calon KSAL pengganti Yudo Margono ramai dibicarakan.

Terkait hal ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Presiden Joko Widodo belum menunjuk calon KSAL baru pegganti Yudo.

Ditambahkan Pratikno, saat ini, pemerintah tengah berfokus pada pergantian Panglima TNI. “Ini kan proses (pergantian Panglima TNI) di DPR masih belum selesai,” ucap Pratikno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Kendati demikian, Pratikono menyebut bahwa Presiden Jokowi telah beberapa nama untuk menggantikan Yudo Margono sebagai KSAL.

 

Calon KSAL pengganti Yudo Margono

Asal tau saja, sosok yang akan menduduki kursi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) biasanya adalah perwira tinggi yang memiliki pangkat jenderal bintang tiga atau berpangkat Laksamana Madya (Laksdya) atau Letjen (Mar).

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, Rabu 30 November 2022, saat ini ada sembilan perwira TNI Angkatan Laut yang berpangkat bintang tiga dan masih menduduki posisi strategis dalam institusi TNI.

Berikut daftar jenderal bintang tiga yang berpeluang menggantikan Yudo Margono sebagai KSAL:

  1. Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono

Lulus dari Akademi Angkatan Laut (AAL) pada tahun 1988, Laksamana Madya Ahmadi Heri Purnowo saat ini menjabat sebagai wakil KSAl. Jabatan tersebut sudah diemban Ahmad sejak Juli 2020.

  1. Laksamana Madya Herru Kusmanto

Laksamana Madya Herru Kusmanto saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) TNI-Al. Lulusan AAL angkatan 34 tahun 1988 ini diangkat sebagai Pangkoarmada pada September 2022.

  1. Laksamana Madya Nurhidayat

Nurhidayat merupakan lulusan AAL angkatan 34 tahun 1988. Saat ini, Nurhidayat menjabat sebagai Komandan Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal). Jabatan tersebut diemban Laksamana Madya Nurhidayat sejak Februari 2022.

  1. Letnan Jenderal (Mar.) Suhartono

Sosok Letnan Jenderal (Mar.) Suhartono saat ini menjabat sebagai Komandan Kodiklatal. Jabatan tersebut diduduki oleh Suhartono sejak Februari 2022. Suhartono lulus dari AAL pada tahun 1988.

  1. Letnan Jenderal (Mar.) Bambang Suswanto

Bambang Suswanto merupakan lulusan AAL angkatan 32 tahun 1987. Saat ini, Bambang menjabat sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) TNI. Bambang menjabat sebagai Irjen TNI sejak November 2020.  

  1. Laksamana Madya Muhammad Ali

Laksamana Madya Muhammad Ali saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I). Ali yang lulus dari AAL tahun 1989, menjabat sebagai Pangkogabwilhan I sejak Agustus 2021.

  1. Laksamana Madya Aan Kurnia

Laksamana Madya Aan Kurnia adalah perwira tinggi TNI AL yang menjabat sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla). Jabatan tersebut sudah diemban Aan sejak Februari 2020. Aan lulus dari Akademi Angkatan Laut pada tahun 1987.

  1. Laksamana Madya Haarjo Susmoro

Laksama Madya Harjo Susmoro merupakan lulusan AAL tahun 1987. Jabatan Harjo saat ini adalah Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sekjen Wantannas).

  1. Laksamana Madya Amarulla Octavian

Lulus dari AAL pada tahun 1988, Laksamana Madya Amarulla Octavian saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Petahanan (Unhan). Amarulla diangkat menjadi Rektor Unhan sejak 2020.

Demikian informasi soal nama-nama calon pengganti KSAL Yudo Margono. Untuk mendapatkan berita up to date, simak terus VOI.id