Teka-teki KSAL Pengganti Yudo Margono Dijawab Presiden Jokowi 28 Desember
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (Foto via Twitter @Puspen_TNI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pengganti Laksamana Yudo Margono, Rabu, 28 Desember. Laksamana Yudo kini sudah menjadi Panglima TNI.

Pelantikan KSAL ini disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan ke Pasar Pujasera, Subang, Jawa Barat, Selasa 27 Desember.

“Pelantikan KSAL, InsyaAllah besok," ujar Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 27 Desember.

Namun, Presiden Jokowi tidak menjelaskan siapa sosok KSAL pengganti Yudo Margono yang akan dilantik. Dia menegaskan, pelantikan KSAL yang baru akan digelar besok.

"Pelantikannya besok,” katanya.

Sebelumnya, Komisi I DPR berharap Presiden Joko Widodo segera menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pengganti Laksamana TNI Yudo Margono yang dilantik menjadi Panglima TNI. Hal ini agar Laksamana Yudo bisa fokus menjalani tugasnya sebagai Panglima.

"Saya berharap biar segera KSAL-nya ditunjuk, ditetapkan, dan serah terima, sehingga fokus pada tugas," ujar Anggota Komisi I DPR Syarief Hasan, kepada wartawan, Selasa, 27 Desember.

Syarief mengatakan, untuk sementara ini kerja KSAL masih bisa ditangani oleh Panglima TNI Laksamana Yudo sambil menunggu penunjukkan perwira tinggi TNI AL untuk mengisi jabatan tersebut.

Namun, menurut Wakil Ketua MPR itu, penunjukan KSAL yang baru tidak terlalu lama dilakukan karena tugas Yudo Margono sebagai Panglima TNI juga sangat banyak di tahun depan.

"Untuk itu tidak boleh terlalu lama, karena Panglima juga punya tugas-tugas yang berat di 2023," kata Syarif Hasan.