Ilmuwan Cambridge Temukan DNA Berusia Dua Juta Tahun di Greenland
Ilustrasi Greenland. (Wikimedia Commons/Uuuuuulya)

JAKARTA - Para ilmuwan telah menemukan DNA berusia dua juta tahun untuk pertama kalinya, yang dapat membuka babak baru dalam sejarah evolusi dan membantu memprediksi efek pemanasan global modern.

Tim dari University of Cambridge menemukan fragmen mikroskopis DNA lingkungan dalam sedimen Zaman Es di Greenland utara.

Fragmen itu satu juta tahun lebih tua dari catatan DNA sebelumnya yang diambil dari tulang mammoth Siberia.

Tim menemukan 41 sampel yang dapat digunakan yang tersembunyi di tanah liat dan kuarsa, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal 'Nature'.

DNA purba kini telah digunakan untuk memetakan ekosistem berusia dua juta tahun yang mengalami perubahan iklim ekstrem, kata tim tersebut.

Hasilnya dapat membantu memprediksi dampak lingkungan jangka panjang dari pemanasan global saat ini.

Penemuan itu dilakukan oleh tim ilmuwan yang dipimpin oleh Prof Eske Willerslev dari St John's College di University of Cambridge, dan pakar geologi Prof Kurt Kjær, direktur Lundbeck Foundation GeoGenetics Center di University of Copenhagen.

"Babak baru yang mencakup satu juta tahun ekstra sejarah akhirnya dibuka dan untuk pertama kalinya kita dapat melihat langsung DNA ekosistem masa lalu yang jauh di masa lalu," kata Prof Willerslev, melansir The National News 12 Desember

"DNA dapat menurun dengan cepat tetapi kami telah menunjukkan bahwa dalam keadaan yang tepat kita sekarang dapat kembali lebih jauh ke masa lalu daripada yang dapat dibayangkan siapa pun," tandasnya.

Sampel, panjangnya sepersejuta milimeter, diambil dari Formasi København, endapan sedimen setebal hampir 100 meter, yang ditemukan di mulut fyord di Samudra Arktik di titik paling utara Greenland.

"Sampel DNA purba ditemukan terkubur jauh di dalam sedimen yang telah terbentuk selama lebih dari 20.000 tahun," ungkap Prof Kjær.

"Sedimen itu akhirnya terawetkan dalam es atau permafrost dan, yang terpenting, tidak diganggu oleh manusia selama dua juta tahun," terangnya.

Iklim di Greenland pada saat itu bervariasi antara Kutub Utara dan sedang dan antara 10°C dan 17°C lebih hangat daripada Greenland saat ini. Sedimen telah menumpuk meter demi meter di teluk yang dangkal.

Bukti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme, termasuk rusa kutub, kelinci, lemming, birch dan pohon poplar ditemukan.

Para peneliti bahkan menemukan bahwa Mastodon, mamalia Zaman Es, menjelajah hingga ke Greenland sebelum kemudian punah.

Sebelumnya diperkirakan jangkauan hewan mirip gajah tidak sampai sejauh Greenland dari Amerika Utara dan Tengah.

Tim yang terdiri dari 40 peneliti dari Denmark, Inggris, Prancis, Swedia, Norwegia, AS, dan Jerman, mengerjakan proyek tersebut, yang melihat mereka membandingkan setiap fragmen DNA dengan perpustakaan DNA yang luas yang dikumpulkan dari hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme saat ini.Akhirnya, gambar mulai muncul dari DNA pohon, semak, burung, hewan dan mikroorganisme.

Mereka mengatakan beberapa fragmen DNA mudah untuk diklasifikasikan sebagai pendahulu spesies saat ini, tetapi yang lain hanya dapat dikaitkan pada tingkat genus, dan beberapa berasal dari spesies yang tidak mungkin ditempatkan di perpustakaan DNA hewan, tumbuhan dan mikroorganisme yang masih hidup abad ke-21.

Diketahui, sampel berusia dua juta tahun juga akan membantu para akademisi membangun gambaran tentang tahap yang sebelumnya tidak diketahui, dalam evolusi DNA dari berbagai spesies yang masih ada sampai sekarang.