Hari Ini, Polri Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Ilustrasi pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Tanah Air. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka kesiapan pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polri gelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral tingkat menteri hari ini Jumat 16 Desember. 

Berdasarkan informasi dari Divisi Humas Polri, rakor tersebut akan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Rencananya rakor akan dimulai pukul 10.30 WIB di Gedung Rupattama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Terkait dengan apa saja yang dipersiapkan dalam menghadapi Natal dan tahun baru akan disampaikan secara doorstop usai rakor lintas sektor dilaksanakan tertutup di Mabes Polri.

Sebelumnya, Rabu 14 Desember, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyebutkan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tengah dipersiapkan.

Menurut dia, kekuatan Polri untuk pengamanan Natal dan tahun baru sebanyak 102.000 personel, dibantu 32.000 personel gabungan dari TNI dan instansi terkait.

Pengamanan Natal dan tahun baru secara terperinci, kata Dedi, akan dibahas dalam rapat koordinasi teknis (rakornis) lintas kementerian dan lembaga pada hari Jumat 16 Desember.

Dalam pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, lanjut dia, pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjad, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata.

"Dari mulai penyeberangan Bakauheni-Merak hingga seluruh Transjawa, harus betul-betul kami kendalikan dengan baik," urainya.

Berdasarkan prediksi pemerintah ada sekitar 71 juta orang yang memanfaatkan cuti Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, tersebar di seluruh provinsi, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain itu, kata Dedi, Polri juga telah memetakan lokasi-lokasi yang menjadi prioritas dan fokus pengamanan, seperti tempat ibadah, objek wisata, dan jalur-jalur mobilitas masyarakat.

"Kami sudah memetakan ada 508 titik yang harus diamankan. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengamankan perayaan Natal dan tahun baru agar semuanya berjalan lancar, aman, dan kondusif," ujarnya disitat Antara.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dalam Apek Kasatwil 2022 di Hotel Sultan, Rabu 14 Desember, mengingatkan kepada jajarannya untuk persiapan pengamanan Natal dan tahun baru.

Catatan penting yang disampaikan terkait dengan antisipasi peristiwa teror. Densus 88 Antiteror Polri diminta melakukan pengungkapan, sedangkan jajaran lainnya melakukan penjagaan.

Sigit mengingatkan kepada jajaran untuk menggandeng semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), dalam menjaga Natal dan tahun baru sehingga menjadi gerakan bersama melawan teroris.